nusabali

Kumat, ODGJ Diamankan

  • www.nusabali.com-kumat-odgj-diamankan

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gianyar mengamankan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), I Nyoman Selep,55, di Banjar Petak Mantring Kaja, Kecamatan Gianyar, Gianyar, Jumat (5/7).

GIANYAR, NusaBali

Nyoman Selep diamankan lantaran penyakit ODGJnya kumat.   Petugas yang ‘pawang’ ODGJ  dari Satpol PP Gianyar, I Wayan Nasta, mengamankan ODGJ ini tanpa perlawanan. Nyoman Selep langsung dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali di Bangli.

Menurut I Wayan Nasta, ODGJ Nyoman Selep ini sejak beberapa hari terakhir kerap mengamuk. “Dia mengamuk di rumahnya dan di sekitar lingkungannya,” ujar Nasta, usai mengamankan Sepel, kemarin. Kata dia, Selep ini kerap berteriak. Bahkan, mengancam orang yang lewat. Keluarganya dan warga setempat pun dibuat khawatir dengan ulah Selep. “Akhirnya perbekel melapor ke kami. Regu dari Satpol PP langsung turun ke lokasi,” jelasnya.

Satpol PP juga turun bersama tim Kesehatan Kabupaten Giannyar. “Saat saya cari di rumahnya, dia sedang tenang. Kami juga bujuk supaya mau diajak berbicara,” jelasnya. Setelah dilakukan pengecekan kesehatan, Selep langsung dibujuk ke RS Jiwa Bangli. “Kami bujuk pelan-pelan, langsung diangkut pakai mobil. Langsung dibawa ke Bangli didampingi keluarganya,” terangnya.

Nyoman Selep ini sudah beberapa kali diamankan dan dibawa ke RS Jiwa Bangli oleh petugas Satpol PP Gianyar. Berdasarkan data terakhir, Selep pernah berulah pada 28 November 2018 lalu. Selep saat itu melempari rumah sendiri dan rumah tetangganya menggunakan batu. Saat itu dia juga sudah dibawa ke Bangli.*nvi

Komentar