nusabali

Wabup Suiasa Hadiri Sosialisasi Pembangunan Pura di Tiyingan Desa Pelaga

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-hadiri-sosialisasi-pembangunan-pura-di-tiyingan-desa-pelaga

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri acara sosialisasi pembangunan Pura Pucak Pemarisuda utawi Pura Pucak Abian Wanasari, di wantilan Banjar Adat Tiyingan Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kamis (4/7).

MANGUPURA, NusaBali

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut Sekcam Petang I Wayan Darma, Bendesa Adat Tiyingan, tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD terpilih I Gusti Lanang Umbara, beserta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, mengatakan Pemerintah Kabupaten Badung mempunyai komitmen untuk hadir di tengah-tengah masyarakat khususnya saat ini di Banjar Adat Tiyingan, Desa Pelaga, Kecamatan Petang. “Bantuan hibah yang diberikan Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp 3 miliar, yang akan digunakan oleh warga setempat untuk membangun Pura Pucak Pemarisuda utawi Pura Pucak Abian Wanasari, serta mendorong ekstensi keagamaan, serta berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan seni, adat, agama, dan budaya yang ada di Kabupaten Badung. Itulah komitmen Pemkab Badung untuk meringankan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mempunyai komitmen untuk meringankan beban masyarakat khususnya di Kabupaten Badung. “Untuk itu Pemerintah Kabupaten Badung memberikan dana hibah melalui proposal sebesar Rp 3 miliar, untuk melaksanakan pembangunan Pura Pucak Pemarisuda utawi Pura Pucak Abian Wanasari, sehingga dengan bantuan yang sudah diberikan agar dapat meringankan beban karma Desa Adat Tiyingan,” kata Wabup Suiasa.

Dalam kesempatan ini, Wabub Suiasa juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetep bersatu menjalankan kewajiban yang ada dimasyarakat, dimana masyarakat sudah bisa menjalankan Pawongan karena masyarakat sudah Raket – Rumaket, Segilik, Seguluk, Seluwung - Luwung, Sebayantaka, Nemu Gemah, Ripah, loh Jinawi.

Ketua Panitia Pembangunan Pura, I Made Wasa menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Badung. “Kami Warga Desa Tiyingan mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah kabupaten Badung yang dalam kesempatan ini dihadiri Bapak Wakil Bupati Badung untuk menyerahkan secara simbolis atas bantuan dana hibah yang sudah diberikan kepada krama Desa Adat Tiyingan sebesar Rp 3 miliar.

“Dengan sudah terealisasinya bantuan ini, maka kami selaku panitia bersama sepuh dan tokoh masyarakat sudah mulai akan melakukan kegiatan untuk melaksanakan kegiatan pembangunan pura tersebut dimana sudah mulai dari hari Minggu untuk melaksanakan upacara Penyejeran dan pada Anggara Sasih (hari Selasa) dilaksanakan mendem dasar di pura yang mau dibangun,” terangnya. *

Komentar