nusabali

PDIP Yakin Jokowi Bicarakan Kursi Menteri dengan Megawati

  • www.nusabali.com-pdip-yakin-jokowi-bicarakan-kursi-menteri-dengan-megawati

PDI Perjuangan menyerahkan sepenuhnya pembahasan menteri kepada presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

JAKARTA, NusaBali

Namun mereka yakin Jokowi akan membicarakan tentang menteri dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Pak Presiden Joko Widodo yang memiliki hak sepenuhnya dan itu sudah kita sepakati bersama bahwa memang Pak Presiden Jokowi punya hak prerogatif, apalagi kami sebagai partai yang mengusung, apalagi beliau sebagai kader utama, kader terbaik kami tentunya kami sangat men-support apa yang beliau putuskan," kata Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga menjawab soal sikap PDIP terkait jatah menteri, di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/7).

"Dan apapun soal putusan itu, menurut kami beliau sebagai negarawan yang mempunyai suatu etika yang luar biasa selalu membicarakan hal itu juga dengan ketum, termasuk dengan Ibu Megawati Soekarnoputri," imbuh dia.

Eriko menegaskan PDIP tidak akan meminta kursi menteri, tetapi akan diberikan dengan sendirinya. Mengapa demikian? "PDI Perjuangan tidak pernah meminta, belum pernah setahu saya dari saya masuk di PDI Perjuangan yang namanya PDI Perjuangan meminta. Tetapi tidak harus namanya meminta, pasti akan diberikan yang terbaik. Kenapa, karena memang beliau (Jokowi) juga datang dari PDI Perjuangan, sama juga seperti ibu ketua umum kami, punya satu sikap yang memang memberikan hak sepenuhnya kepada beliau. Biarlah nanti dua tokoh besar ini memutuskan siapapun atau berapa orang, jangan kitalah melihat kapasitas sekian orang sekian orang, belum tentu," beber Eriko.

Eriko yakin Jokowi tidak mendikotomikan menteri yang disebut berasal profesional, dari partai atau bukan kalangan partai. Lalu, kursi menteri PDIP yang mana yang menurut Eriko harus dipertahankan?

"Kalau tentu itu kan kami tidak sampai ke sana, beliau yang tahu, yang mengevaluasi keberadaan para menterinya. Kami meyakini pasti beliau punya cara untuk mengevaluasi bagaimana menteri-menterinya yang berkinerja bagus," jelas Eriko, dilansir detikcom. *

Komentar