nusabali

Kontroversi Drama VAR Samba vs Tango Kian Panas

  • www.nusabali.com-kontroversi-drama-var-samba-vs-tango-kian-panas

Drama video assistant referee (VAR) pada laga Samba Brasil vs Tango Argentina kian memanas.

RIO DE JANEIORO, Nusa Bali

Bahkan VAR pada laga itu bermasalah sebelum laga dimulai.  Akibat drama VAR, Argentina kalah 0-2 dari Brasil pada semifinal Copa America 2019. Kekalahan ini membuat kecewa Albiceleste, terutama karena keputusan wasit yang dianggap kontroversi.

Argentina merasa seharusnya mendapat dua penalti, namun wasit menolak meninjau ulang lewat VAR. Pertama saat Nicolas Otamendi tersungkur usai diadang Arthur dari situasi sepak pojok. Setelahnya, Sergio Aguero dijatuhkan Dani Alves di 10 menit terakhir.

Situasi terakhir lebih buruk untuk Argentina karena berujung gol kedua untuk Brasil. Tim tuan rumah melakukan serangan balik saat Lionel Messi dkk. melakukan protes ke wasit dan meminta ditinjau lagi lewat VAR. Permintaan itu tak dipenuhi.

Media Brasil, Globo Esporte melaporkan, CONMEBOL mengonfirmasi terjadi masalah pada VAR sebelum laga dimulai. Masalah itu disebabkan kedatangan Presiden Brasil, Jair Bolsanaro.

Bolsanaro di Estadio Mineirao menonton pertandingan. Frekuensi radio keamanan staf kepresidenan bertepatan dengan frekuensi wasit untuk berkomunikasi dengan tim VAR, namun sudah diperbaiki dengan bantuan Badan Telekomunikasi Nasional (ANATEL) dan tak ada pengaruhnya lagi terhadap pertandingan.

Salah satu petugas VAR, Leodan Gonzalez, juga disebutkan sebenarnya menyarankan wasit Roddy Zambrano untuk meninjau lewat VAR. Keterangan itu didapat setelah Wilson Semeno selaku komisaris wasit bertanya kepada Leodan usai laga terkait situasinya.

Federasi Sepakbola Argentina (AFA) pun melayangkan surat protes ke CONMEBOL. Dalam surat itu, AFA mengingatkan lagi terkait penunjukan Zambrano di laga Brasil vs Argentina.

"Kami mempertanyakan integritas komisaris wasit, Wilson Semeno, karena catatan panjangnya menunjukkan ketidakmampuan menangani situasi. Kami memprotes sebelum pertandingan tentang wasit Ekuador, Zambrano," tulis keterangan AFA. *

Komentar