nusabali

PDIP: Menteri Jokowi-Ma’ruf yang Penting Setia

  • www.nusabali.com-pdip-menteri-jokowi-maruf-yang-penting-setia

Wacana menteri usia muda untuk mengisi kabinet Jokowi-Ma'ruf terus dibahas, bahkan kini ada tambahan ide agar kaum difabel juga perlu menjadi menteri.

JAKARTA, NusaBali

Menurut politikus dari partai pendukung Jokowi-Ma'ruf, ada kriteria yang paling penting ketimbang usia dan kondisi fisik.

"Yang paling penting itu setia dulu. Ini jabatan politik kok," kata Sekretaris Badan Pendidikan dan Latihan DPP PDIP, Eva Kusuma Sundari, kepada wartawan, Rabu (3/7). Jabatan politik berarti bergantung pada hasil perhelatan politik pemilu. Pertimbangan politis juga berpengaruh. Tentu saja, kemampuan calon menteri menjadi pertimbangan yang penting. Bila sosok muda atau penyandang disabilitas memang punya kemampuan, tentu sosok itu tak akan sekadar lewat dari pertimbangan Jokowi.

"Pak Jokowi punya kapasitas untuk itu. Terbukti dia berani mengangkat delapan menteri dari perempuan. Pak Jokowi punya DNA membuat kejutan yang berani dan progresif," kata Eva. "Menteri dari kelompok difabel, kenapa tidak?" ujarnya dilansir detik.com. Dia menyebut ada sosok penyandang disabilitas yang cerdas dan berdedikasi di Indonesia.

Sosok tersebut juga merupakan relawan Jokowi. Soal kaum muda yang cocok menjadi menteri, nama-nama dari kalangan praktisi usaha juga tak diragukan kemampuannya, terlebih Jokowi juga merupakan sosok yang punya latar belakang dunia usaha, maka Jokowi tak akan kesulitan mendeteksi anak muda potensial dari dunia usaha.

"PDIP juga banyak anak muda yang pintar," ujar Eva. Lebih dari itu, umur dinilainya bukan yang paling utama. Jiwa muda lebih utama, sebagaimana Jokowi yang dia nilai punya jiwa muda, selera anak muda, dan produktif. "Usia produktif maksimal 50 tahun," kata Eva. *

Komentar