nusabali

Sekaa Gong Manggeh Jayengrat, Duta Badung Tampil Memukau

  • www.nusabali.com-sekaa-gong-manggeh-jayengrat-duta-badung-tampil-memukau

Penampilan Sekaa Gong Manggeh Jayengrat, Desa Munggu, Kecamatan Mengwi sebagai duta Kabupaten Badung pada Parade Gong Kebyar Dewasa, Pesta Kesenian Bali (PKB) XLI tahun 2019, Selasa (2/7) malam tampil memukau.

MANGUPURA, NusaBali

Setiap tabuh dan tarian yang dibawakan selalu mendapat riuh tepuk tangan dari ribuan penonton yang memadati panggung terbuka Ardha Candra, Art Centre, Denpasar.

Penampilan duta Kabupaten Badung ini mendapat support dengan kehadiran Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Sekda I Wayan Adi Arnawa, Ketua TP PKK Badung Ny Seniasih Giri Prasta, Wakil Ketua II TP PKK Badung Ny Rasniathi Adi Arnawa, Kepala Dinas Kebudayaan Badung IB Anom Bhasma beserta jajaran OPD Kabupaten Badung.

Penampilan duta Kabupaten Badung, mabarung dengan Sekaa Gong Maheswara Jaya Pasti, Desa Perancak, duta Kabupaten Jembrana.

Persembahan pertama Sekaa Gong Manggeh Jayengrat membawakan Tari Kreasi Kekebyaran ‘Manik Jihwa’. Garapan tari ini terinspirasi dari kisah I Gusti Agung Made Alang Kajeng, gelar yang dianugerahkan krama Desa Munggu karena keberhasilannya memberikan Bayu Premana atau tenaga serta udara kehidupan baru bagi wilayah Mengwi dari keterpurukan.

Suguhan kedua, tabuh kreasi ‘Pengalang Sasih’. Tari ini menceritakan semua dalam bentuk pengalihan siklus perputaran alam perhitungan waktu yang telah ditentukan sebagai pedoman tetenger yang menjadikan berbagai perubahan musim dalam perhitungan Sasih dari Kasa sampai dengan Sadha.

Penampilan ketiga dari Sekaa Gong Dharma Laksana membawakan Sandhyagita ‘Kotamaning Bayu’. Garapan ini diilhami oleh keutamaan angin sebagai salah satu unsur penting dalam Panca Bhuta.

Sedangkan penampilan pamungkas, tari karawitan berjudul ‘Prana Bhava’. Tari ini terinspirasi dari energi sejati kehidupan semesta yang menjiwai keberadaan seluruh makhluk hidup.

“Pada setiap bagian pementasan, duta Badung mendapatkan respons yang luar biasa dari penonton, mengapresiasi kreativitas, semangat, dan kerja sama dari generasi muda Badung dan seluruh pihak yang terlibat dalam pementasan parade Gong Kebyar Dewasa Manggeh Jayengrat sebagai duta Badung,” ujar Wabup Suiasa didampingi Sekda Adi Arnawa seusai menyaksikan pertunjukan.

“Terima kasih, saya ucapkan mewakili Pemerintah Kabupaten Badung kepada generasi muda dan panitia duta Badung yang sudah menampilkan kreativitas, kerja sama serta semangat yang tinggi, dalam pementasan Gong Kebyar Dewasa Duta Badung, sehingga mendapatkan respons luar biasa dari penonton yang hadir pada pementasan ini,” tuturnya. *

Komentar