nusabali

Kelebihan Siswa Akan Dialihkan ke SMPN Terdekat

  • www.nusabali.com-kelebihan-siswa-akan-dialihkan-ke-smpn-terdekat

Hari ini PPDB SMP/MTs negeri di Kabupaten Jembrana akan diumumkan. Ada 4 SMP negeri yang pendaftarnya belum sampai melebihi kuota.

NEGARA, NusaBali

Menjelang pengumuman penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP di Kabupaten Jembrana pada Kamis (4/7), Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Jembrana menggelar rapat dengan 18 kepala sekolah (kasek) SMP negeri se-Kabupaten Jembrana, Selasa (2/7) sore. Dalam rapat tersebut mengemuka, pihak Disdikpora Jembrana berencana mengalihkan kelebihan siswa di beberapa SMP negeri ke SMP negeri terdekat.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikpora Jembrana I Nyoman Wenten, mengatakan dari hasil rapat di SMPN 3 Negara, Selasa (2/7) sore, diketahui jumlah pendaftar di sebagian besar SMP negeri telah melebihi kuota. Namun satu sisi, ada juga beberapa SMP negeri yang jumlah pendaftarnya masih kurang. “Sementara kami baru mendapat gambaran awal dari sisi jumlah pendaftar. Memang ada yang jumlah pendaftarnya sudah melebihi dan ada yang masih kurang,” ujar Wenten yang memimpin rapat bersama para kasek SMP negeri, ketika dikonfirmasi, Rabu (3/7).

Menurut Wenten, ada 4 SMP negeri yang pendaftarnya belum sampai melebihi kuota. Keempat sekolah dimaksud adalah SMPN 3 Negara di Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, SMPN 6 Negara di Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, SMPN 2 Melaya di Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, dan SMPN 4 Melaya di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya. “Untuk berapa jumlah siswa yang masih kurang maupun yang lebih, kami  belum tahu. Karena bisa saja ada satu orang yang mendaftar di dua jalur, dan verifikasi juga masih berlangsung,” ucapnya.

Yang jelas, kata Wenten, para kasek SMP negeri diminta tetap melaksanakan tahapan PPDB sesuai Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Dikpora Jembrana Nomor 227/DIKPORA/2019. Sementara pengumuman akan dilaksanakan Kamis (4/7) hari ini.

“Pengumuman tetap Kamis besok (hari ini). Setelah pengumuman, baru akan kami lihat berapa kekurangan maupun kelebihan siswa di masing-masing SMP negeri. Mudah-mudahan saja tidak ada masalah,” tutur Wenten.

Menurut Wenten, memang ada rencana dari Disdikpora Jembrana untuk melakukan pengalihan sejumlah siswa yang tidak diterima di salah satu SMP negeri ke SMP negeri yang masih kekurangan siswa. Pengalihan siswa nanti tetap akan berpatokan pada zonasi. “Rencana kami alihkan ke sekolah negeri terdekat, dan melihat berapa yang masih bisa dialihkan. Kalau ternyata tidak ada sekolah negeri terdekat, ya pilihan ke swasta,” ujarnya.

Untuk diketahui, berdasar pendataan Disdikpora Jembrana, diketahui ada sebanyak 4.613 siswa lulusan SD dari 185 SD/MI se-Jembrana tahun ini. Sebanyak 4.613 siswa lulusan SD itu dipastikan masih bisa tertampung di 37 SMP/MTs negeri maupun swasta se-Jembrana, dengan daya tampung sebanyak 156 rombel atau sebanyak 5.616 siswa. *ode

Komentar