nusabali

Telanjang di Tempat Umum, ODGJ Diamankan

  • www.nusabali.com-telanjang-di-tempat-umum-odgj-diamankan

Petugas Satpol PP Gianyar mengamankan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), I Wayan Bargawa,53, alias Yan Gawa, warga Banjar  Tameng,  Kecamatan Sukawati, Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Yan Gawa diamankan Selasa (2/7) atas permintaan keluarga.  Sebab belakangan ini, ODGJ tersebut kerap tanpa busana atau telanjang keliling di tempat-tempat umum. Yan Gawa setelah diamankan langsung dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali di Bangli. Anggota Satpol PP Gianyar Wayan Nasta, menyatakan Yan Gawa ini tidak ada masalah seperti ODGJ lainnya. “Hanya kelurganya minta supaya dia dibawa ke RSJ di Bangli. Atas permohonan keluarga, kami mengantar ke RSJ didampingi pihak keluarga,” jelasnya kemarin.

Atas permintaan keluarga, maka Regu IV Satpol PP turun tangan. “Karena keluarga kesulitan membawa ke Bangli. Maka kami turun bersama Regu IV Satpol PP,” jelasnya.

Sampai di kediaman, petugas menemukan dia sedang tiduran di lantai rumah beratap tikar. “Kami temukan dia dalam keadaan tidur di tikar. Kami bangunkan,” ujarnya. Saat dibangunkan, Yan Gawa tidak berontak. “Dia polos. Langsung kami ajak masuk mobil dan bawa ke Bangli,” jelasnya.

Kata Nasta, Yan Gawa sudah mengidap ODGJ sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Petugas memang sudah pernah memeriksakan kondisinya ke Puskesmas Sukawati. Namun karena kondisi yang tidak stabil, membuatnya harus dibawa ke RS Jiwa di Bangli. “Tapi ini karena ada permohonan masyarakat, makanya kami membantu, karena dimintai tolong,” ujarnya. *nvi

Komentar