nusabali

SMA/SMK Swasta Mendahului Rekrut Siswa

  • www.nusabali.com-smasmk-swasta-mendahului-rekrut-siswa

SMA dan SMK swasta di Karangasem mendahului merekrut siswa baru.

AMLAPURA, NusaBali

Rata-rata sekolah swasta telah mendapatkan siswa, hanya saja jumlahnya belum signifikan sesuai yang dibutuhkan. Calon siswa baru yang mendaftar kembali di sekolah swasta masih relatif minim dari kebutuhan ideal.

Kasek SMA PGRI Amlapura, I Ketut Jelantik mengungkapkan menerima pendaftaran 124 calon siswa baru, hanya saja yang mendaftar ulang 52 orang. “Masih ada waktu untuk merekrut calon siswa lebih banyak lagi, sebab sekolah negeri belum mengumumkan penerimaan siswa baru,” ungkap Ketut Jelantik, Senin (1/7). Dikatakan, tahun lalu SMA PGRI Amlapura merekrut sebanyak 169 siswa untuk program IPA, IPS, dan bahasa. Diharapkan sekolah negeri dibatasi merekrut siswa baru, sehingga sekolah swasta bisa berjalan normal.

Kasek SMK Widya Wisata Graha (WWG) Amlapura Ni Nyoman Supadmi saat dihubungi mengaku telah merekrut 145 siswa. Jumlah sebanyak itu dirasakan cukup banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Calon siswa sudah mulai berdatangan mendaftar, hanya saja mendaftar kembali, mulai 6 Juli,” katanya. SMK WWG tetap hanya membuka satu program keahlian yakni Akomodasi Perhotelan. Tamatannya telah siap kerja karena disertai sertifikat uji kompetensi. Sebelum tamat mendapat praktek kerja industri dan diuji kalangan profesional serta guru.

Sementara Kasek SMK Giri Pendawa Desa Nongan, Kecamatan Rendang, I Putu Gede Arimbawa mengungkapkan ada yang mendaftar 145 calon siswa baru. Kesemuanya telah mendaftar ulang. Sedangkan SMK Saraswati Amlapura yang dua angkatan sebelumnya tanpa siswa, mulai ada yang mendaftar sebanyak 12 calon siswa baru. Kasek SMK Saraswati Amlapura I Wayan Ardana mengatakan, dari 12 calon siswa yang mendaftar berharap agar melakukan daftar ulang. “Kami membutuhkan 32 siswa hingga 36 siswa agar genap satu kelas. Mudah-mudahan yang daftar ke SMK Saraswati nantinya mendaftar ulang,” kata Wayan Ardana. *k16

Komentar