nusabali

PPDB Online, Calon Siswa Serbu Warnet

  • www.nusabali.com-ppdb-online-calon-siswa-serbu-warnet

Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK negeri hari pertama dibuka secara online,  Jumat (28/6).

GIANYAR, NusaBali

Calon peserta didik yang tidak memiliki perangkat computer, printer dan akses internet, pilih menyerbu warung internet.

Pantauan NusaBali, pendaftaran online berlangsung kondusif. Seperti salah satunya di warnet kawasan Desa/Kecamatan Blahbatuh. Pengelola warnet Ni Kadek Sri,35, mengaku sejak pagi silih berganti didatangi lulusan SMP yang hendak mendaftar ke SMA/SMK. “Sampai siang ini, ada rasanya sampai 20 orang siswa yang minta bantu didaftarkan secara online,” jelasnya.

Dikatakan, tidak ada kendala berarti saat mengakses website : bali.siap-ppdb.com. “Kalau data yang dibawa siswa lengkap, daftarnya juga cepat. Yang membuat lama itu kan kadang siswa lupa bawa KK, sehingga ndak bisa input nomor KK. Dia harus pulang lagi, balik lagi ke warnet,” ungkapnya. Berkaca dari itu, pihaknya pun menyarankan agar calon siswa melengkapi persyaratan terlebih dahulu sebelum daftar.

Jika data lengkap, pendaftaran online bisa dilakukan dalam hitungan menit. Setelah berhasil, tanda bukti pendaftaran pun bisa langsung di prin out. Setelah itu, siswa langsung menuju SMA yang dipilih untuk melakukan verifikasi berkas. Pantauan di sekolah, verifikasi disiapkan cukup baik. Mulai dari antrean nomor hingga berkas dinyatakan lengkap. Salah satu calon siswa, Ni Kadek Mita mengaku tidak terlalu ribet untuk pendaftaran jenjang SMA. “Aman-aman saja, daftarnya cepat. Tidak ada kendala. Tinggal nunggu pengumuman saja nanti tanggal 5 Juli,” jelasnya yang daftar jalur zonasi di SMAN 1 Blahbatuh ini.

Pantauan melalui website, hingga sekitar pukul 12.30 Wita, puluhan hingga ratusan calon siswa sudah tercatat sementara sebagai pendaftar jalur zonasi di beberapa sekolah. Misalnya di SMAN Ubud tercatat sudah 83 pendaftar, SMAN 1 Gianyar 72 orang, SMAN 1 Sukawati tembus 239 orang, SMAN 1 Blahbatuh 98 orang, SMAN 1 Tegallalang 155 orang, SMAN 1 Payangan 45 orang dan SMAN 1 Tampaksiring 108 orang. Jumlah pendaftar inipun terus bertambah hingga pendaftaran ditutup tanggal 3 Juli 2019 mendatang.

Untuk diketahui, perankingan secara online dilakukan tanggal 4 Juli 2019 selama 24 jam. Lalu keesokan harinya, calon siswa yang lolos diumumkan juga secra online. Terakhir, calon siswa melakukan pendaftaran ulang mulai 8 Juli hingga 11 Juli di masing-masing sekolah.*nvi

Komentar