nusabali

Depak Paraguay, Brasil ke Semifinal

  • www.nusabali.com-depak-paraguay-brasil-ke-semifinal

Tuan rumah Brasil ke semifinal Copa America 2019, usai mematahkan perlawanan Paraguay lewat kemenangan adu penalti 4-3 (0-0), di Arena do Gremio, Porto Alegre, Jumat (28/6) pagi WITA.

PORTO ALEGRE, Nusa Bali
Kemenangan itu, sekaligus mematahkan kutukan pada Brasil yang selalu gagal dalam adu penalti. Lolos ke semifinal, Brasil akan melawan pemenang antara Venezuela dan Argentina.  Pada laga Brasil vs Paraguay, kedua tim bermain imbang 0-0 pada waktu normal 2x45 menit, dan perpanjangan waktu 2x15 menit. Gabriel Jesus menjadi penentu kemenangan Brasil, yang membuat kedudukan 4-3. Jesus menyusul tiga rekannya berhasil mengeksekusi penalti, yakni Willian, Marquinhos, Philippe Countinho, dan Gabriel Jesus. Sedangkan Roberto Firmino gagal menjalankan tugasnya..

Sementara dua algojo Paraguay gagal mengeksekusi penalti, yakni Gustavo Gomez dan Derlis Gonzalez, serta tiga lainnya berhasil, Miguel Almiron, Bruno Valdez Rodrigo Rojas.

Gabriel Jesus sendiri sebelumnya gagal memanfatkan peluang emas pada laga tersebut. Namun ia menebusnya saat adu penalti untuk menjaga asa Brasil jadi juara Copa America.

"Hari ini saya melakukannya seperti biasa, saya melihat kiper dengan tenang dan saya bisa melihat dia bergerak ke kiri dan saya menendang bola ke arah berlawanan," kata Gabriel Jesus.

Sejatinya Brasil mendominasi atas Paraguay, tapi baru mendapatkan kemenangan lewat adu penalti. Selecao dinilai kehilangan detail-detail kecil yang menentukan. Pasalnya, Brasil tampil dominan dalam 90 menit.

Dicatat whoscored, Brasil menguasai bola hingga 70%, dan melepaskan total 28 tembakan dengan 8 mengarah ke gawang dan satu mengenai tiang. Namun peluang-peluang itu gagal diselesaikan dengan baik.

Gelandang Brasil Arthur Melo mengakui performa timnya tak cukup bagus di laga ini karena kehilangan sedikit sentuhan akhir. Namun suporter, kata  Arthur Melo, dinilai membantu tim yang membuat tak pernah menyerah..

Kemenangan itu juga mengakhiri kutukan Brasil pada adu penalti. Sebelumnya Brasil dua kali disingkirkan Paraguay lewat adu penalti. Yakni, pada 2011 di Argentina, Paraguay menghancurkan Brasil 2-0 untuk lolos ke final, namun takluk dari Uruguay. Lalu 2015 di Chile, Paraguay menang 4-3 lewat adu penalti. *

loading...

Komentar