nusabali

Menanti Duel Marquez dan Dovizioso

  • www.nusabali.com-menanti-duel-marquez-dan-dovizioso

‘Balapan Penebusan’ di MotoGP Belanda

ASSEN, Nusa Bali

MotoGP Belanda bakal berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu (30/6). Seri itu akan jadi ajang para pembalap ‘menebus kesialan’, sekaligus memperbaiki hasil. Pasalnya, tidak kurang dari 10 pembalap meraih hasil yang tidak mengesankan pada seri balapan sebelumnya, di  MotoGP Catalunya 2019.

Ya, saat itu empat pembalap mengalami tabrakan beruntun di MotoGP Katalunya. Mereka adalah Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso. Sedangkan enam rider lainnya gagal finis karena berbagai alasan.

Selain itu, duel antara Dovizioso dan Marc Marquez juga patut ditunggu di Sirkuit Assen. Keduanya masih menempati posisi teratas di klasemen sementara MotoGP 2019. Sedangkan Valentino Rossi juga mengincar kemenangan di MotoGP Belanda, setelah dua tahun tanpa gelar.

Sirkuit Assen dinilai cukup bersahabat bagi Rossi. Dalam tujuh tahun terakhir, Rossi menang tujuh kali di sirkuit Assen.

Sementara rider Repsol Honda, Marc Marquez mengakui balapan di Sirkuit Assenbakal menjadi tantangan tersendiri. Menurut Marquez, ada dua taktik yang harus dipersiapkan jika ingin naik podium utama di balapan tersebut.  Salah satunya menjalani balapan dengan cermat.

"Assen adalah sirkuit yang butuh kecermatan dan sulit tampil konsisten di sana," kata Marquez, dilansir Spedweeek.

Apa taktik lain yang disiapkannya? "Menjadi kuat di perubahan arah yang cepat sangat penting jika ingin meraih hasil apik di Assen," kata Marquez.  

Meski menyadari balapan bakal berjalan ketat, Marquez mengaku percaya diri bakal mendulang hasil positif. Ia juga mengaku tak sabar mengulang beberapa duel bagus pada masa lalu dan memberikan suguhan luar biasa bagi fans.

Rider bernomor 93 itu akan mengantisipasi serbuan rival-rivalnya seperti duo Ducati Dovizioso dan Danilo Petruci, serta pebalap rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang musim ini telah meraih dua pole position.

Alex Rins (Suzuki Ecstar) juga patut diwaspadai karena selalu mengancam barisan pebalap terdepan. Kemudian duo pebalap pabrikan Yamaha, Maverick Viñales dan Valentino Rossi, juga tak akan melewatkan kesempatan untuk membalas kesialannya di Catalunya akhir pekan nanti.

Viñales finis peringkat tiga di Assen tahun lalu, sedangkan Rossi juara di sana pada 2017. Marquez juga sempat tertahan di peringkat dua ketika Jack Miller merebut gelar juara di Assen pada 2016.

"Aku menantikan untuk balapan lagi di sana karena kami mengalami pertarungan di sana pada masa lampau dan telah menyajikan tontonan yang bagus kepada para penggemar," kata Marquez. *

Komentar