nusabali

Guru Agama Dibekali Tiga Mantra

  • www.nusabali.com-guru-agama-dibekali-tiga-mantra

Kantor Kementerian Agama Karangasem menggelar workshop kelompok kerja guru (KKG) Agama Hindu di SDN 4 Rendang, Banjar Singarata, Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem, Kamis (27/6).

AMLAPURA, NusaBali

Workshop bertujuan meningkatkan kualitas guru dengan bekal tiga mantra.   Kepala Kantor Kementerian Agama Karangasem, Dr Ni Nengah Rustini MAg menjelaskan ketiga mantra itu yakni moderasi beragama, kebersamaan, dan pendataan terintegrasi. Sesuai data SIMPATIKA (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag), pendataan mesti akurat sebagai pedoman mengajar sesuai yang tertuang dalam layanan SIM PTK (Sistem Informasi Manajemen Penelitian Tindakan Kelas) online Kemenag. “Guru agama mesti menguasai teknologi, di samping tuntutan utama seluruh ajaran agama yang diimplementasikan di sekolah, terlebih dahulu dikuasai, dihayati diamalkan dan dilaksanakan kalangan guru. Agar guru agama diteladani, selanjutnya materi diajarkan kepada anak didik dan berimbas ke lingkungan masyarakat," pintanya.

Dikatakan, risiko jadi guru Agama Hindu selalu jadi sorotan siswa dan masyarakat. Karena guru agama dianggap paling tahu tentang ajaran agama dan selalu mengedepankan ajaran kebenaran atau dharma. “Maka berbanggalah jadi guru agama yang ditokohkan di masyarakat, walau menanggung beban atas gelar itu,” lanjutnya. Workshop KKG digelar di delapan kecamatan diawali di SDN 5 Subagan Kecamatan Karangasem menyusul di SLUA Saraswati Selat Kecamatan Selat, kemudian di SDN 5 Rendang. Berikutnya pelaksanaannya di kecamatan lain. *k16

Komentar