nusabali

SMPN 4 Sukawati Ditarget Rampung Tahun Ajaran Baru

  • www.nusabali.com-smpn-4-sukawati-ditarget-rampung-tahun-ajaran-baru

Dinas Pendidikan Gianyar sedang membangun SMPN 4 Sukawati di Banjar Puseh, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati.

GIANYAR, NusaBali

Tahun ajaran 2019/2020, sekolah ini akan menerima siswa abru angkatan pertama. Namun gedung untuk siswa baru ini masih dalam proses pengerjaan. Puluhan pekerja tampak masih sibuk mengerjakan konstruksi bangunan, Rabu (26/6). Dinas Pendidikan menargetkan, pembangunan tahap pertama bisa rampung bulan Agustus 2019 ketika mulai proses belajar mengajar tahun ajaran 2019/2020. Dengan demikian, siswa baru diharapkan sudah belajar di gedung baru. “Ya Agustus pasti selesai itu. Kontraknya sampai Agustus sudah harus selesai,” terang Plt Kepala Dinas Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra saat dikonfirmasi, kemarin.

Dia memastikan, siswa baru akan belajar di gedung baru. Hanya saja yang menjadi kendala, jumlah ruang kelas yang dibangun tahap pertama hanya lima ruangan. “Kami rencanakan menerima lima  kelas. Kendalanya jika kebutuhan masyarakat melibihi lima kelas. Ya terpaksa selama setahun pinjamkan barang dua lokal ke SD terdekat,” jelasnya. Untuk tenaga pengajar sedang disusun mutasi guru PNS. “Tenaga pengajar nanti akan gunakan guru honorer dulu. Sambil atur guru negeri kami arahkan kesana. Kami akan segera susun mutasi guru,” jelasnya.

Terkait berapa jumlah calon siswa baru yang mendaftar ke SMPN 4 Gianyar baik itu jalur prestasi, perpindahan orangtua maupun zonasi, Sadra, belum mengantongi data. Untuk diketahui, PPDB SMP di Gianyar telah masuk rekapitulasi di tingkat kecamatan. Selanjutnya, Sabtu (29/6), berkas terkumpul di Dinas Pendidikan Gianyar. Hasil seleksi diumumkan serentak 8 Juli 2019 dan 10 - 12 Juli, pendaftaran kembali.

Salah satu pengawas proyek I Wayan Jaman dari Konsultan Pengawas CV Gunung Agung Disain menjelaskan proyek ini mulai dikerjakan 15 Maret 2019. Target selesai 150 hari kalender. "Targetnya selesai 1 lantai,  rencana 4 kelas di awal. Itu pun belum dicat atau finishing. Satu lantai saja dulu, keramik sebatas di lantai ruangan," jelasnya. Untuk merampungkan bangunan ini, jumlah pekerja yang dikerahkan sebanyak 45 orang.  "Sudah mengcover itu," ujarnya. Proyek SMPN 4 Sukawati di atas lahan 27 are ini menelan biaya Rp 2,3 miliar lebih dari APBD 2019. Selaku Kontraktor pelaksana adalah PT Anindyaguna Jalan Sekarsari Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur. *nvi

Komentar