nusabali

Tim Samba Diunggulkan

  • www.nusabali.com-tim-samba-diunggulkan

Brasil vs Paraguay, Jumat Pagi WITA

PORTO ALEGRE, NusaBali

Tuan rumah Brasil akan ‘menjamu’ Paraguay dalam perempatfinal Copa America 2019, di Arena do Gremio, Porto Alegre, Jumat (28/6) pagi, pukul 08.30 WITA. Selecao sangat difavoritkan menang, namun Paraguay juga berpotensi jadi batu sandungan.

Brasil merupakan salah satu kandidat juara. Mereka menunjukkannya dengan lolos tanpa terkalahkan dari Grup A, dan tanpa sekali pun kebobolan. Dua gol Philippe Coutinho dan satu gol Everton Soares membawa Brasil mengalahkan Bolivia 3-0 di laga pembuka. Lalu Brasil antiklimaks dan imbang 0-0 lawan Venezuela, dengan dua gol dari Gabriel Jesus dan Coutinho dianulir VAR. Kelolosan tim Samba dipastikan dari kemenangan telak 5-0 atas Peru di laga pemungkas.

Ketika Brasil menghabisi Peru, masing-masing satu gol diciptakan oleh Casemiro, Roberto Firmino, Everton, kapten Dani Alves, dan Willian.

Beda dengan Brasil, langkah berliku dilalui Paraguay. Mereka lolos dari Grup B, yang dihuni Kolombia dan Argentina, dengan keberuntungan. Pada laga pertama, Paraguay imbang 2-2 lawan tim Qatar. Ironisnya, Paraguay sempat unggul 2-0 lebih dulu melalui penalti Oscar Cardozo dan gol Derlis Gonzalez namun kecolongan dua gol balasan Qatar.

Paraguay kembali membuang keunggulan di laga kedua, dan kali ini melawan Argentina. Pasukan Eduardo Berizzo memimpin lewat gol Richard Sanchez, sebelum Lionel Messi mencetak gol dari titik penalti untuk membawa Argentina menyamakan kedudukan.

Paraguay menyerah 0-1 lawan Kolombia di laga terakhir, tapi berhak melangkah ke perempat final sebagai satu dari dua peringkat terbaik bersama Peru.

Di atas kertas, Brasil unggul segalanya atas Paraguay. Melihat performa, kualitas skuat, keunggulan sebagai tuan rumah hingga catatan pertemuan, Selecao sepertinya takkan terhadang menuju semifinal, dimana mereka akan menghadapi salah satu dari Venezuela atau Argentina.

Apalagi Brasil belum kebobolan satu gol pun. Mereka selalu clean sheet dalam lima laga terakhirnya.  Sedangkan Paraguay menang sekali dalam 11 laga terakhirnya (M1 S4 K6). Dalam duel terakhirnya, di kualifikasi Piala Dunia 2018, Brasil mengalahkan Paraguay 3-0. *

Komentar