nusabali

Klungkung Putihkan Piutang Rp 1,6 M

  • www.nusabali.com-klungkung-putihkan-piutang-rp-16-m

Dari segi kebijakan akuntansi, jelas Bupati, piutang ini akan menunggu lama maka hingga menjadi angka penganggu.

Pasca Pengobatan Pengungsi Gunung Agung di RSUD


SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta akan memutihkan atau menghapuskan piutang untuk klaim kesehatan terhadap pengungsi erupsi Gunung Agung, di RSUD Klungkung, Rp 1,6 miliar lebih. “Secara aturan memungkinkan, ini demi rasa kemanusiaan kepada saudara kita di Karangasem,” ujar Bupati Suwirta, Selasa (26/6).

Dari segi kebijakan akuntansi, jelas Bupati, piutang ini akan menunggu lama maka hingga menjadi angka penganggu. Bupati akan membahas untuk memutihkan klaim piutang ini. “Saya minta kepada dokter dan tenaga medis di RSUD untuk mengiklaskan sekian persen untuk jaspelnya sekian persen ini. Setelah itu saya baru mengambil keputusan,” ujarnya. Dia mengaku sudah menugaskan Sekda Klungkung Gede Putu Winastra untuk mengkaji pemutihan ini.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur RSUD Klungkung dr Nyoman Kesuma mengatakan, terkait penghapusan itu, dari sisi aturan keuangan memungkinkan dilakukan sepanjang sesuai prosedur. Seperti penagihan, namun tetap juga tidak bisa terbayarkan, atau ada alasan tertentu yang bisa diajukan RS ke bupati untuk penghapusan piutang.

Prosedur sudah dilalui seperti bersurat ke Dinsos Bali, ternyata itu menjadi wewenang BNPB Bali, sehingga bersurat ke sana. BNPB Bali mengungkapkan dari Rp 1,6 miliar itu bisa dibayarkan hanya Rp 78 juta. Sisanya akan dibayarkan Pemkab Karangasem. “Rp 78 juta sudah ditransfer ke RSUD Klungkung oleh BPBD Karangasem. Sisanya diusahakan bisa dilunasi tahun ini. Pemkab Karangasem masih berkoordinasi dengan Provinsi Bali untuk mencari celah pembayaran,” ujarnya. *wan

Komentar