nusabali

Diawali Buka Puasa Bersama dan Royal Dinner

  • www.nusabali.com-diawali-buka-puasa-bersama-dan-royal-dinner

Konferensi Nasional (Konfernas) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Indonesia berlangsung di Bali yang diawali dengan acara buka puasa bersama dan royal dinner bertempat di Puri Den Bencingah, Klungkung pada, Jumat (10/6) malam.

Konfernas FKUB Digelar di Bali

DENPASAR, NusaBali
Konferensi Nasional ke-2 ini diikuti lebih dari 250 orang yang berlangsung dalam suasana akrab penuh persaudaraan sesuai dengan tema konferensi ‘Merawat Kerukunan Umat Beragama Demi Keutuhan NKRI’.

Gubernur Bali, Made Mangku Pastika di awal sambutannya menyampaikan selamat datang kepada para peserta Konfernas FKUB se-Indonesia di Provinsi Bali, pulau yang dikenal dengan berbagai julukan. Dia berharap Konferensi ini dapat menghasilkan rekomendasi yang tetap menjunjung nilai-nilai persatuan dan kesatuan serta dapat merawatnya agar tetap tegaknya keutuhan NKRI.

Hal senada juga disampaikan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saefudin. Menurutnya Bali sangat luar biasa dalam hal toleransi guna terwujudnya kerukunan. Untuk itu Menteri Agama mengharapkan Bali dapat dijadikan contoh Provinsi-provinsi lain di Indonesia. Terbukti acara besar yang diselenggarakan FKUB Bali dalam rangka Buka Puasa Bersama dan Royal Dinner dihentikan sejenak untuk menghormati kawan-kawan Muslim yang walaupun jumlahnya lebih sedikit guna dapat melakukan shalat sebelum berbuka puasa.

Selain itu, fasilitas kelengkapannya seperti air wudhu maupun kelengkapan lainnya telah disiapkan di areal Puri. “Inilah sebetulnya toleransi antar umat beragama,” pungkasnya. Untuk itu Menteri Agama RI memberikan doa agar kerabat Puri beserta lingkungan di sekitarnya dapat berkah dari Yang Maha Kuasa.

Ketua FKUB Bali, Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet dalam sambutan selamat datangnya menyampaikan kegembiraan, kebahagiaan serta terimakasih karena Bali telah diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Nasional ke-2 dan acara-acara selanjutnya akan dilaksanakan di Hotel Werda Pura Sanur.

Hadir dalam acara tersebut di samping Menteri Agama, Gubernur Bali hadir pula Kasdam IX Udayana, Brigjen Made Surata, Kapolda Bali Irjen Sugeng Priyanto, Dirjen Bimas Hindu Prof Dr Drs Ketut Widnya, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, dan undangan lainnya. 7 nv

Komentar