nusabali

Kini, Bikin Paspor Bisa ke MPP Sewaka Dharma

  • www.nusabali.com-kini-bikin-paspor-bisa-ke-mpp-sewaka-dharma

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Denpasar, yang berada di Gedung Sewaka Dharma, Lumintang, menambah pelayanan untuk mempermudah masyarakat.

DENPASAR, NusaBali

Saat ini, layanan masyarakat yang ditambah yakni pembuatan paspor baru dan perpanjang paspor.  Kepala Sub Seksi Pelayanan Dokumen Perjalanan pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar IGA Litha Lestari didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ida Bagus Pidada Rurus saat dikonfirmasi, (24/6) mengungkapkan, penerimaan pembuatan paspor ini bisa dilakukan di MPP sesuai dengan standar Imigrasi. Peralatan yang digunakan sesuai standar Imigrasi sudah disiapkan Pemerintah Kota Denpasar sejak sebulan lalu.

Ditambahkannya, uji coba selama sebulan, peralatan dan sistem pendukung berjalan normal dan dapat melayani masyarakat dengan baik. “Mulai sebulan ini kami sudah bisa memberikan layanan penuh di MPP Graha Sewaka Dharma. Saat ini rata-rata masyarakat yang memanfatkan layanan sekitar 3-6 orang per hari dari kapasitas kami 20 orang per hari sesuai jam layanan di MPP Graha Sewaka Dharma,” jelas Litha.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa tahap dan proses pembuatan paspor sama di semua kantor layanan Imigrasi. “Jika berkas sudah lengkap, masyarakat input antrean online dengan mengakses https://antrian.imigrasi.go.id/LayananBeta atau instal aplikasi layanan paspor online di AppStore/Google,” jelasnya. Jika kesulitan terkait antrean on line ini, masyarakat akan dibantu petugas MPP.

Jika sudah terdaftar di antrean online masyarakat bisa datang ke MPP Graha Sewaka Dharma untuk verifikasi dan entry data dilanjutkan dengan sesi foto dan wawancara. Paspor bisa diambil 3 hari kemudian dengan menunjukkan bukti bayar tersebut. “Masyarakat juga bisa melakukan pembayaran melalui ATM, teller bank maupun kantor pos terdekat,” jelasnya. Untuk paspor yang sudah selesai bisa diambil di Kantor Imigrasi di Renon, di MPP Graha Sewaka Dharma atau dikirim langsung ke rumah lewat Kantor Pos dengan biaya sesuai tarif PT Pos,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ida Bagus Pidada Rurus menambah, peningkatan layanan ini dapat terlaksana setelah perangkat dan sistem ditambahkan sesuai standar Imigrasi. Pihaknya juga menyiapkan ATM Bank BRI dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali beserta konter teller-nya untuk memudahkan masyarakat yang memerlukan layanan imigrasi.

Masyarakat cukup datang ke satu tempat saja dan semua kebutuhannya dapat terlayani dengan baik. Pihaknya berupaya meningkatkan pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik Graha Sewaka Dharma, sesuai motto sewaka dharma yang berarti melayani adalah sebuah kewajiban. “Termasuk melengkapi gedung pelayanan ini dengan berbagai fasilitas yang memudahkan masyarakat dalam melaksanakan keperluannya,” tegasnya.

Dalam waktu dekat, jenis layanan di MPP GSD akan bertambah dengan hadirnya layanan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (PT Taspen) yang saat ini tengah dalam proses pembahasan perjanjian kerja sama. “Layanan yang diperuntukkan bagi kalangan PNS yang akan dan sudah purna tugas ini diharapkan semakin melengkapi jenis layanan yang disediakan MPP Graha Sewaka Dharma,” imbuhnya. *mis

loading...

Komentar