nusabali

Nigeria Kalahkan Burundi

  • www.nusabali.com-nigeria-kalahkan-burundi

Mesir Menangi Laga Pembuka Piala Afrika

KAIRO, NusaBali
Nigeria susah payah mengalahkan Burundi 1-0 pada Grup B Piala Afrika 2019, di Alexandria Stadium, Alexandria, Minggu (23/6) dinihari WITA. Hasil positif juga dicatat Uganda yang mengalahkan Republik Demokratik Kongo. Sedangkan pada laga pembuka Sabtu dinihari WITA, tuan rumah Mesih menang 1-0 ataz Zimbabwe, di Cairo International Stadium.

Nigeria butuh gol di menit-menit akhir melalui Idion Ighalo pada menit ke-77, memanfaatkan umpan Ola Aina. Hasil itu membuat Nigeria memimpin klasemen Grup B dengan tiga poin. Guinea dan Madagaskar menyusul, dengan satu poin usai imbang 2-2.

Dari Grup A, Uganda menang 2-0 atas Republik Demokratik Kongo,  Cairo International Stadium, Minggu (23/6) dinihari WITA. Patrick Kaddu dan Emmanuel Okwi jadi pencetak gol untuk Uganda.

Kemenangan menjadi yang pertama bagi Uganda di putaran final Piala Afrika, setelah lebih dari 40 tahun. Sebelumnya, terakhir kali Uganda menang di putaran final Piala Afrika pada 1978, saat mengalahkan Nigeria di semifinal.

Dengan hasil ini, Uganda untuk sementara memimpin klasemen Grup A dengan tiga poin. Mereka unggul selisih gol atas tuan rumah Mesir di urutan kedua. Tuan rumah Mesir menang 1-0 atas Zimbabwe, melalui  Ahmed Ibrahim Hassan yang akrab dipanggil Trezeguet di menit ke-41.

Piala Afrika kali ini untuk pertama kalinya berlangsung pada periode Juni-Juli, setelah selalu pada Januari-Februari..

Turnamen sendiri seharusnya pada 15 Juni-13 Juli, namun dimundurkan karena berdekatan dengan Ramadan. Kamerun semestinya menjadi tuan rumah, tetapi dicopot akibat ketidaksiapan insfrastruktur. Juga karena krisis Boko Haram dan Anglophone (perang Ambazonia).

Piala Afrika 2019 juga menandai bertambahnya jumlah peserta, dari 16 tim menjadi 24 tim. Babak grup berisikan enam grup berisi masing-masing empat Negara, dimana dua tim teratas tiap grup lolos ke 16 besar disusul empat tim runner-up terbaik. *ant

Komentar