nusabali

Akses Jalan Bangbang-Peninjoan Rusak

  • www.nusabali.com-akses-jalan-bangbang-peninjoan-rusak

Akses jalan dari Desa Bangbang-Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli mengalami kerusakan.

BANGLI, NusaBali

Kerusakan terjadi di jalan Desa Bangbang menuju Pura Pedharman Pusat Pulasari (Kawitan Trah Para Gotra Sentana Dalem Tarukan) di Desa Pakraman Pulasari, Desa Peninjoan. Imbasnya, terjadi kekroditan kendaraan yang datang dari dua arah.

Warga sekitar mengungkapkan, jalan berlubang sudah berlangsung sejak lama. Sempat dilakukan penambalan, namun  kembali  mengelupas. Jalan penghubung Desa Bangbang menuju Dusun Pulasari Desa Peninjoan ini dihotmik sekitar sepuluh tahun lalu. “Tidak hanya karena faktor usia, kerusakan dipicu oleh air dari saluran drainase yang meluap dan menggenangi badan jalan. Kondisi tersebut sudah berlangsung lama,” sebutnya, Minggu (23/6). Saat pujawali di Pura Pedharman Pulesari, arus lalin sangat padat karena pamedek yang tangkil datang dari seluruh Bali. “Kami mendambakan perbaikan jalan,” ungkap warga yang namanya tak mau dikorankan ini, Minggu (23/6).

Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bangli, Ida Bagus Suandi mengatakan jalan tersebut masuk ruas jalan kabupaten yakni ruas jalan Bangbang – Penaga Landih sepanjang 4  kilometer. Di kecamatan Tembuku, ruas jalan Bangbang-Penaga Landih menjadi pilot project dari program hotmik. “Jalan tersebut dihotmik sekitar sepuluh tahun lalu dan ruas jalan kabupaten di Kecamatan Tembuku yang pertama dihotmix,” jelasnya. Kemungkinan akan dilakukan perbaikan lagi pada tahun 2020 menggunakan dana alokasi khusus (DAK). “Perbaikan dengan anggaran sekitar Rp 8 miliar,” terang Ida Bagus Suandi. *esa

Komentar