nusabali

Dua Truk Mogok di Tanjakan Samsam, Lalin Macet Sepanjang 1,5 Kilometer

  • www.nusabali.com-dua-truk-mogok-di-tanjakan-samsam-lalin-macet-sepanjang-15-kilometer

Jalur Denpasar – Gilimanuk tepatnya di Tanjakan Samsam, Banjar Samsam II, Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, krodit pada Minggu (23/6).

TABANAN, NusaBali

Pemicunya, karena ada dua truk dengan muatan melebihi 15 ton mengalami masalah. Satu truk as panjangnya patah, satu truk nyaris masuk jurang. Akibatnya kendaraan yang melintas di kawasan tersebut mengular hingga sekitar 1,5 kilometer.

Pantauan di lapangan, truk bermasalah tersebut ada di jalur kanan dan jalur kiri. Pertama truk yang bermasalah adalah Truk Hino nopol P 8608 UK yang dikemudikan Suradi, 43, mengalami masalah pada Sabtu (22/6) sore sekitar pukul 15.15 Wita. Truk dengan muatan beberapa kulkas dan sabun colek dengan berat muatan 22 ton itu melaju dari arah utara (Gilimanuk) menuju selatan (Denpasar).

Setibanya di Tanjakan Samsam II tepat di tikungan jalan, truk warna hijau ini mendadak tak kuat menanjak. Truk pun berjalan mundur, namun naas di belakangnya terdapat kendaraan Terios nopol DK 1236 AW yang dikemudikan Ni Putu Marta Utami Dewi, sehingga terjadi tabrakan. Terios warna putih tersebut terdorong ke kiri, sementara truk Hino mundur ke arah jalaur kiri dan nyaris masuk jurang.

Beruntung sopir Terios dan satu orang penumpang atas nama Luh Suarti selamat. Namun bagian depan Terios ringsek. Saat ini kendaraan Terios telah diamankan di Polsek Kerambitan. Sedangkan truk Hino hingga Minggu siang masih ‘nyangklek’ menunggu bantuan truk lain untuk menarik. Sebenarnya Sabtu malam sudah sempat ditarik oleh truk lain sebanyak dua kali, tetapi gagal.

Belum kelar permasalahan tersebut, Minggu pagi sekitar pukul 08.00 Wita kembali ada truk Mitsubishi nopol DK 9579 WP mogok. Truk yang dikemudikan I Gusti Ketut Wirasa mogok karena as panjang roda belakang patah. Truk dengan muatan teh gelas seberat 15 ton itu mogok tepat di tengah badan jalan jalur kanan dari arah utara. “Truk ini melaju dari utara hendak ke selatan arah Denpasar mendadak as panjangnya patah sehingga mogok,” ujar anggota Lantas Polsek Kerambitan Iptu I Komang Sarka, di lokasi.

Kata dia kedua truk yang bermasalah sudah mendapat penanganan. Truk yang sempat menabrak Terios tersebut sebelumnya sudah ditarik oleh truk lain sebanyak tiga kali, namun gagal naik. Ini karena ban belakang truk tersebut sudah masuk got. “Meski barang muatan sudah dipindah susah untuk ditarik,” tegasnya.

Akibat peristiwa tersebut, jalur Denpasar – Gilimanuk tersebut krodit. Polisi memberlakukan arus lalulintas sistem buka tutup di Tanjakan Samsam II. “Kami berlakukan sistem buka tutup, agar kondisi kendaraan tidak macet total,” tegasnya. Sementara akibat mogoknya dua truk tersebut kendaraan lain sempat mengalami macet hingga 1,5 kilometer terutama dari arah Denpasar.

Truk Mitsubishi muatan teh gelas bisa dievakuasi sekitar pukul 10.30 Wita setelah as panjang diganti oleh sopir. Sementara truk Hino muatan kulkas dan sabun colek baru bisa dievakuasi sekitar pukul 17.50 Wita dengan bantuan dua truk untuk menarik. *des

Komentar