nusabali

Pameran Keris Pusaka di Puri Gede Karangasem

  • www.nusabali.com-pameran-keris-pusaka-di-puri-gede-karangasem

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka pameran keris di bangunan Lembu Agung Puri Gede Karangasem, Jalan Sultan Agung Amlapura, Jumat (21/6) sore.

AMLAPURA, NusaBali
Pembukaan ditandai dengan pengguntingan karangan bunga. Pameran keris ini mengawali acara Festival Pusaka Nusantara 2019. Pameran keris pusaka ini berlangsung selama tiga hari, 21-23 Juni 2019.

Bupati Mas Sumatri membuka pameran keris pusaka didampingi Wabup I Wayan Artha Dipa, Kadis Kebudayaan Karangasem I Putu Arnawa, dan Direktur Eksekutif JKPI Alparinal alias Nanank. Bupati dan rombongan juga meninjau 12 stand keris pusaka di bangunan Lembu Agung Puri Gede Karangasem. Dari 12 stand tersebut, hanya satu stand dari Bali yakni Gianyar. Keris pusaka milik Presiden Joko Widodo turut dipamerkan. “HUT Kota Amlapura tahun ini penuh dengan nuansa seni dan budaya. Ada seni tari, seni rupa, dan pameran benda pusaka,” ungkap Bupati Mas Sumatri.

Dikatakan, pameran keris pusaka serangkaian Festival Pusaka Nusantara dan Rakernas VII JKPI (Jaringan Kota Pusaka Indonesia) digelar di pusat Kota Pusaka Amlapura dan pusat peninggalan Kerajaan Karangasem. Gregetnya lebih terasa karena berlatar belakang bangunan Kerajaan Karangasem. Sementara Kadis Kebudayaan I Putu Arnawa menambahkan, rangkaian acara sejak Jumat (21/6) pagi hingga Sabtu (22/6) malam sangat padat. “Kami bangga sebagai tuan rumah Festival Pusaka Nusantara dan Rakernas VII JKPI, sejarah akan mencatat untuk pertama kali mendatangkan 30 bupati/walikota melihat langsung Amlapura,” katanya. *k16

Komentar