nusabali

Jelang PPDB, Warga Membeludak Legalisir KK

  • www.nusabali.com-jelang-ppdb-warga-membeludak-legalisir-kk

Jelang penerimaan peserta didik baru (PPDB), warga Karangasem membeludak mengurus pengesahan salinan KK (kartu keluarga) di Mall Pelayanan Publik.

AMLAPURA, NusaBali

Warga antre dari pukul 07.00 Wita hingga pukul 14.00 Wita. Warga yang antre untuk legalisir KK kebanyakan orangtua siswa. Kepala Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Karangasem I Wayan Sumidia mengatakan, setiap hari mengesahkan sekitar 500 salinan KK. “Yang mengesahkan mulai pejabat kadis, kabid, hingga semua kepala seksi. Tetap saja kewalahan,” ungkap Wayan Sumidia, Jumat (21/6). Pengesahan salinan KK rutin tiap tahun untuk kebutuhan siswa melamar sekolah. “Kami jamin semua terlayani asalkan sabar antre,” imbuhnya.

Antrean melegalisir KK diperkirakan hingga tanggal 23 Juni besok. Sebab PPDB untuk SMP mulai Senin (24/6). Sedangkan pendaftaran di SMA dan SMK mulai Jumat (28/6). Menurut Wayan Sumidia selama terjadi antrean tidak ada keluhan masyarakat. “Kami sediakan banyak loket untuk pelayanan. Semua kepala seksi bisa melayani secara gratis,” jelasnya. Tahun lalu juga terjadi antrean, sama tidak ada keluhan. Apalagi ruang tempat pelayanan di MPP cukup luas dan representatif. Daya tampung ruang tunggu cukup banyak, jika kursi di ruang tunggu penuh, bisa antre di tangga kanan dan kiri yang tidak jauh dari loket pelayanan.

Terpisah, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem I Nyoman Selatra mengatakan, untuk melamar SD tidak mesti melegalisir KK. Sebab telah diatur zonasi. “Cukup fotokopi saja. Itu sudah menunjukkan asal zonasi mereka,” katanya. Syarat mendaftar sebagai calon siswa baru telah disosialisasikan, diatur berdasarkan zonasi. “Misalnya dari Lingkungan Pendem, Kelurahan Karangasem, langsung saja mendaftar di SD Negeri 2 Karangasem. Saat menyetorkan salinan KK terlihat yang bersangkutan dari lingkungan itu,” tegasnya. Sehingga orangtua calon siswa tidak perlu antre mengurus legalisir KK dan KTP di MPP. *k16

Komentar