nusabali

65 Generasi Muda Hindu Berlatih Yoga

  • www.nusabali.com-65-generasi-muda-hindu-berlatih-yoga

65 generasi muda Hindu mengikuti pelatihan yoga di Wantilan Padi, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Jumat (21/6).

GIANYAR, NusaBali

Selain untuk pembinaan dan pelatihan, kegiatan itu juga sebagai langkah agar sehat lahir-bathin. Ketua panitia Ni Made Srianti menjelaskan, kegiatan ini dilengkapi pembacaan bait-bait mantram suci Hindu. Kegiatan ini dihadiri dari perwakilan generasi muda setiap desa se Kabupaten Gianyar. Pelatihan yoga ini merupakan program Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar.

Srianti mengatakan, para peserta nantinya bisa memahami  dasar-dasar yoga dan memberikan pelatihan yoga di masing-masing desa. Mulai dari dibuatkannya suatu kelompok kecil atau bisa masuk di dalam sekaa teruna di setiap banjar maupun kelompok lainnya. Mengingat yoga saat ini sedang menjamur di masyarakat. Oleh karena itu, generasi muda Hindu agar bisa meneruskannya.

“Pelatihan yoga ini berupa teori dan praktik. Dengan berlatih yoga bisa menyehatkan badan asalkan benar-benar dilakukannya secara rutin. Dalam yoga terdapat hubungan jiwa dengan pikiran sampai dengan Brahman,” tuturnya.

Srianti menambahkan yoga bukan semata-mata untuk menenangkan pikrian. Yoga dapat menyatukan gerak tubuh, pikiran, dan Jiwatman itu sendiri. Maka dari itu pelaksanaannya harus dilakukan secara sungguh-sungguh dengan cara mengkonsentrasikan pikiran dan gerak tubuh.

Salah seorang peserta, I Wayan Lamopia mengaku sangat banyak mendapatkan manfaat dari latihan ini. Selama berlatih yoga dapat menggerakkan otot-otot hingga lemas dan melancarkan pernafasan. Dia mengaku memiliki penyakit sesak. Karena sering latihan yoga, sesak pun lenyap, peredaran darah dan pernafasan lancar.

“Kelihatannya gerakan yoga sangat simple dan enteng. Namun membutuhkan keahlian khusus. Dalam pernafasan, kelenturan badan, dan otot-otot badan agar semua gerakan dalam yoga bisa dilakukan dengan baik. Yoga sebagai langkah awal menuju sehat lahir-batin,” imbuh Lamopia.*nvi

loading...

Komentar