nusabali

Warga Banjar 'Titipkan' 99 Telur Penyu di Penangkaran

  • www.nusabali.com-warga-banjar-titipkan-99-telur-penyu-di-penangkaran

Sebanyak 99 butir telur penyu ditemukan di Pantai Desa/Kecamatan Banjar.

SINGARAJA, NusaBali
Demi keselamatan, puluhan telur penyu itu telah dititipkan di penangkaran di Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng.

Salah satu tokoh lingkungan dan satwa Kecamatan Banjar, Wayan Ariawan Kamis (20/6) mengatakan, telur penyu itu ditemukan di Pantai Banjar, tepatnya di Banjar Dinas Ambengan. Nah, karena dianggap kurang aman oleh warga setempat, dirinya kemudian membawa telur penyu itu ke penangkaran yang ada di Pantai Penimbangan, Rabu (19/6).

“Begitu saya mendapat informasi temuan telur penyu, saya langsung ke lokasi. Oleh warga, situasi di lokasi kurang aman, karena khawatir telur itu dimakan oleh anjing, sehingga saya bersama warga membawanya ke penangkaran,” terangnya.

Menurut Ariawan, pantai di kawasan Banjar dan sekitarnya memang sering dijadikan tempat bertelur oleh penyu. Warga setempat pernah menemukan telur penyu beberapa kali. Namun telur-telur itu kerap dimakan anjing. “Kami sudah membicarakan hal ini dengan warga, jika nanti sudah dianggap aman, maka ketika ada penyu bertelur, akan dibiarkan. Atau nanti warga membuat semacam penangkaran untuk menetaskan telur penyu yang ditemukan,” imbuhnya. *k19

Komentar