nusabali

114 Penumpang dan 8 Kru Selamat

  • www.nusabali.com-114-penumpang-dan-8-kru-selamat

Malindo Air Keluar Landas Pacu

BANDUNG, NusaBali

Pesawat Malindo Air, maskapai penerbangan yang tergabung dalam Lion Air Group tergelincir di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung kemarin. Tak ada korban dalam insiden ini.

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pihaknya mendapat informasi bahwa Malindo Air dengan nomor penerbangan OD-301 mengalami keluar dari landas pacu atau runway excursion. Pesawat itu adalah Boeing 737-800NG beregistrasi 9M-LCK.

"(Runway excursion) pada saat berbelok sebelum lepas landas pada pukul 14.25 WIB di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung (BDO)," ujar Danang dikutip dalam keterangan resmi, Kamis (206).

Dia menjelaskan, dalam pesawat tersebut, terdapat 122 orang yang terdiri dari 114 penumpang dan delapan anggota kru. Semua penumpang dan awak pesawat dalam kondisi selamat serta telah dievakuasi dengan aman.

"Malindo Air meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan ingin menegaskan kembali bahwa Malindo Air mengutamakan faktor keselamatan sebagai prioritas utama," tambahnya seperti dilansir vivanews. Pasca insiden tersebut, seluruh awak pesawat langsung menjalani tes urine.

"Sudah ada prosedur sedang penyelidikan lebih lanjut kepada penerbang dan kru sudah diambil urine. Apakah ada hal-hal yang (lain), perlu didalami," ujar Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bonang Bayuaji di lokasi, Kamis (20/6). Pemeriksaan urine terhadap awak pesawat seperti pilot berlangsung tertutup.

"Untuk sementara pilot dari sistem pesawat normal. Saat take off terus di line up position pesawat langsung ke luar. Sementara tidak bisa kasih keterangan lebih lanjut," kata Bonang seperti dilansir detik.

Akibat tergelincirnya Malindo Air, penerbangan tujuan Bandung dari Batam pun dialihkan ke Jakarta. Agus, penumpang Lion Air JT 0950 rute Batam-Bandung, mengatakan pesawatnya dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (20/6). Dia berangkat dari Batam sekitar pukul 13.35 WIB.

"Kita sudah sempat muter (di udara). Harusnya berangkat itu 13.35, flight JT 0950 Lion Air saya naik dari Batam ke Bandung. Kita pun heran kok lama sekali kita nyampe pesawat ini di Bandung kan," ujar Agus saat dihubungi.

Agus menjelaskan, sekitar pukul 15.35 WIB, pramugari pesawat yang ditumpanginya menyatakan terjadi kecelakaan pesawat di Bandara Husein. Pramugari mengatakan pesawat akan mendarat di Jakarta. *

Komentar