nusabali

Michel Platini Dibebaskan

  • www.nusabali.com-michel-platini-dibebaskan

Mantan bos badan sepak bola Eropa UEFA Michel Platini dibebaskan dari tahanan Prancis pada Rabu (19/6).

PARIS, Nusa Bali
Platini dibebaskan setelah beberapa jam diperiksa dalam kaitannya, dengan penyelidikan kriminal menyangkut pemberian hak tuan rumah Piala Dunia 2022 kepada Qatar. "Dia sudah tidak lagi ditahan," kata William Bourdon, pengacara legenda sepak bola Prancis itu, Rabu dinihari WITA.

Menurut AFP, sang pengacara mengungkapkan terlalu banyak hal yang dikhawatirkan untuk hal yang sebenarnya tidak penting. Keputusan menjadikan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 memicu dugaan korupsi yang akhirnya menimbulkan skandal terburuk dalam sejarah FIFA.

Menurut Sepp Blatter, presiden FIFA saat itu, Qatar memenangi hak menjadi tuan rumah karena ada kesepakatan dengan Prancis. Penyelidikan oleh Prancis sendiri dipusatkan kepada intervensi Prancis yang melibatkan Platini dan mantan presiden Presiden Nicolas Sarkozy.

Menurut majalah France Football, sebuah pertemuan rahasia digelar pada 23 November 2010 di Istana Elysee di Paris antara Sarkozy, pangeran yang kini Emir Qatar Tamim bin Hamad al-Thani, dan Platini yang saat itu menjabat presiden UEFA dan sekaligus wakil presiden FIFA.

Hanya sepekan setelah pertemuan rahasia itu, FIFA memutuskan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.  Namun Platini menyangkal pernyataan Blatter sebagai kebohongan dan menampik tudingan dirinya dipengaruhi Sarkozy.

Platini juga membantah melakukan pelanggaran hukum berkaitan dengan penyelidikan dalam keputusan memilih Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.  

Platini menyangkal pernyataan Blatter sebagai kebohongan dan menampik tudingan dia telah dipengaruhi oleh Sarkozy yang mantan penasihat olahraganya, Sophie Dion, juga diperiksa bersama Platini pada hari yang sama. *ant

Komentar