nusabali

Dua Pemenang Keaksaraan ke Bangka Belitung

  • www.nusabali.com-dua-pemenang-keaksaraan-ke-bangka-belitung

Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem menggelar lomba keaksaraan di aula Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Karangasem, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Selasa (18/6).

AMLAPURA, NusaBali

Dua pemenang lomba keaksaraan tingkat Kabupaten Karangasem langsung melenggang mewakili Bali ke tingkat Nasional di Bangka Belitung pada tanggal 22-28 Juni nanti. Karangasem dapat jatah ke lomba nasional.

Kedua pemenang yang melenggang ke lomba tingkat nasional itu adalah I Wayan Mertayasa dan Ni Kadek Ayu Rinawati. Mertayasa dari PKBM Amerta Yulia Ganesa, Banjar Kubakal, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang adalah juara I nomor pengelola TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dengan skor 84,2. Sementara Ni Kadek Ayu Rinawati dari PKBM Dharma Sedana Santi juga juara I nomor tutor keaksaraan dengan skor 895. Sementara dua pemenang lainnya di nomor pengelolaan PKBM dan tutor kesetaraan tidak ada kelanjutannya di tingkat Provinsi Bali.

Ketua Panitia Ni Wayan Sutarmiasih mengatakan, juri lomba Pengelolaan PKMB yakni Ida Bagus Nyoman Japa, I Komang Suta Wirata, dan I Made Suarta. Dewan juri menetapkan I Gede Sudarma dari PKBM Ekotorin sebagai juara I dengan skor 175. Juara II I Komang Sukayasa dari PKBM Widya Santi Mandiri dengan skor 170, dan juara III Ni Nyoman Yuliani dari PKBM Amertha Yulia Ganesha dengan skor 160. Sedangkan di nomor TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dengan dewan juri I Made Putu Kawi Suardana, I Made Dirga, dan Ni Wayan Sutarmiasih. Kriteria lomba terbagi tiga bagian. Di nomor TBM, dewan juri memutuskan I Wayan Mertayasa sebagai juara I dengan skor 84,2, juara II Komang Septiria Ayuning skor 80,6, keduanya dari PKBM Amertha Yulia Ganesha. Pemenang nomor tutor kesetaraan juara I diraih I Komang Sudiantara skor 338 dari PKBM Amertha Yulia Ganesha, juara II I Wayan Bandem skor 336 dari PKBM Dharma Sedana Santi, juara III Ni Komang Rusminiati skor 325 dari PKBM PKBM Ganesha.

Sedangkan pemenang nomor tutor keaksaraan, juara I Ni Kadek Ayu Rinawati skor 895 dari PKBM Dharma Sedana Santi, juara II Ni Komang Suwarni skor 850 dari PKBM Giri Mekar, dan juara III I Komang Budiasa skor 845 dari PKBM Amertha Yulia Ganesha. “Juara I untuk nomor tutor keaksaraan dan TBM yang berhak langsung ke lomba nasional. Sebab Karangasem dapat jatah ke nasional di dua nomor itu,” jelas Ni Wayan Sutarmiasih. *k16

Komentar