nusabali

Satu Blangko Ijazah SMK Robek

  • www.nusabali.com-satu-blangko-ijazah-smk-robek

Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMK Karangasem I Wayan Artana membagikan 2.312 blangko ijazah untuk SMK negeri dan swasta di Hotel Segara Wangi Candidasa, Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Selasa (18/6).

AMLAPURA, NusaBali

Saat bagikan blangko barulah diketahui jika satu lembar blangko ijazah dalam kondisi robek. Satu blangko itu langsung dikembalikan dan diganti.

Menurut Wayan Artana yang juga Kasek SMKN Amlapura, blangko ijazah yang diterima tiap sekolah tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Jumlahnya mesti sesuai dengan banyaknya siswa yang tamat. Sebelum dibagikan, jumlah blangko ijazah dihitung secermat mungkin sehingga ditemukan satu blangko yang robek. “Kami telah laporkan blangko yang robek dan langsung diganti pihak Provinsi Bali,” katanya.

Dikatakan, petunjuk teknis penulisan ijazah telah lama diterima masing-masing sekolah. “Bagi sekolah yang siswanya sedikit, tidak menerima blangko ijazah dengan nomor berurutan, bagi yang siswanya banyak dapat nomor seri berurutan,” ungkap Wayan Artana. Diingatkan, penulisan di blangko ijazah tidak boleh ada yang salah. Jika terjadi kesalahan, pihak sekolah mesti melaporkan ke MKKS. Selanjutnya MKKS meneruskan ke Provinsi Bali disertai berita acara dan diselipkan blangko ijazah yang salah tulis untuk diganti.

Tiap sekolah sudah boleh memulai mengisi blangko ijazah, menyangkut nama siswa, nomor induk, tanggal lahir, nilai dan sebagainya. Selanjutnya, tinggal memanggil siswa untuk tandatangan dan cap tiga jari. Terpisah, Kasek SMK Widya Wisata Graha Amlapura Ni Nyoman Supadmi mengaku telah menerima 141 blangko ijazah sesuai jumlah siswa yang lulus tahun ajaran 2018/2019. “Kami mesti hati-hati mengisi blangko ijazah agar tidak mengalami kesalahan. Salah mesti melaporkan disertai berita acara dan mesti menunggu lama untuk mencari penggantinya,” jelas Supadmi.

Jumlah blangko ijazah yang telah dibagikan yakni SMKN Amlapura 416 blangko, SMKN Abang 316 blangko, SMAN Manggis 399 blangko, SMKN Kubu 354 blangko, SMK WWG 141 blangko, SMK Dharma Prasanti 33 blangko, SMK TI Bali Global 76 blangko, SMK PGRI Amlapura 109 blangko, SMK Saraswati Amlapura 14 blangko, SMK Nusa Dua Toya Anyar Desa Tianyar, Kecamatan Kubu 177 blangko, dan SMK Giri Pendawa Desa Nongan, Kecamatan Rendang 196 blangko. Sementara Ketua MKKS SMA Karangasem Wayan Sugiana mengaku belum dapat kiriman blangko ijazah untuk siswa SMA. *k16

Komentar