nusabali

Kontingen Porprov Gianyar Berkekuatan 800 Atlet

  • www.nusabali.com-kontingen-porprov-gianyar-berkekuatan-800-atlet

Kabupaten Gianyar bakal menerjunkan 800 atlet pada  Porprov Bali XIV bulan September mendatang.

GIANYAR, NusaBali

Jumlah atlet ini mengalami peningkatan dibandingkan saat menjadi tuan rumah Porprov 2017, hanya menurunkan 736 atlet. Upgrade kontingen yang diturunkan di Kabupaten Tabanan itu demi mempertahankan posisi tiga besar. "Kontingen kami meningkat 64 atlet," ucap Ketua Umum KONI Kabupaten Gianyar, Pande Purwata, Selasa (18/6).

Menurut pria yang juga mantan anggota DPRD Gianyar dari Fraksi PDIP itu,  peningkatan jumlah kontingen juga memperhatikan penambahan cabor yang dipertandingkan. Porprov mendatang mempertandingkan 38 cabor atau ada peningkatan 4 cabor plus masih ada  2 cabor eksebisi.

Gianyar akan mengikuti semua nomor yang dipertandingkan untuk memenuhi target medali. "Estimasi target melebihi hasil saat sebagai tuan rumah 53 emas. Target di Tabanan nanti lebih dari itu," harap Pande Purwata. Bahkan di setiap nomor yang diikuti juga didorong turun dengan kekuatan penuh.

Bahkan cabor yang dinilai kurang berprestasi untuk Gianyar, juga ikut diberangkatkan di Porprov Tabanan. Tujuannya agar pola pembinaan jalan di semua cabor. “Jika terus dianaktirikan terus kapan cabor terus berinisiatif untuk meraih medali. Porprov ini ibarat Galungan, maka semua cabor di bawah KONI Gianyar semuanya didorong ambil bagian.”

Dengan ikut berkompetisi, lanjut Pande, psikologis atlet di cabor tersebut tidak terganggu lantaran sebelumnya kerap absen. “Tapi di Tabanan nanti kami fasilitasi semuanya untuk ambil bagian," beber Pande Purwata. Jadi pembatasan tidak lagi dilakukan.

"Selama ini ada anggapan cabor yang belum berprestasi tidak dikirim, kami tidak lakukan itu, melainkan didorong semakin aktif dan menunjukkan eksistensinya di ajang Porprov," tandas pria yang juga sempat menjabat sebagai Ketua Harian KONI Gianyar tersebut. *dek

Komentar