nusabali

Dehidrasi, Nyoman Sumerta Terkapar di Pinggir Jalan India

  • www.nusabali.com-dehidrasi-nyoman-sumerta-terkapar-di-pinggir-jalan-india

Petualangan Dua Bikers Bali Naik Motor Keliling Asia

DENPASAR, NusaBali

Setelah memulai petualangannya keliling Asia dengan motor sejak 7 Mei 2019 lalu, dua bikers Bali, Ida Bagus Ngurah Wijaya, 68, dan Nyoman Sumerta, 62, sudah sampai di India pada Selasa (18/6) pagi. Petualangan dua pria yang bisa dibilang sudah 'kakek-kakek' ini, tampak penuh perjuangan. Bahkan, Nyoman Sumerta alias Nyoman Batu, harus terkapar di jalan dan dilarikan di salah satu rumah sakit di  Lucknow, Uttar Pradesh, India.

"Gara-gara cuaca panas, Pak Man (Nyoman Sumerta) mengalami dehidrasi di perbatasan Nepal-India dua hari lalu," tulis Ida Bagus Ngurah Wijaya dalam halaman facebook Bali Asia Tour 2019 pada 15 Juni 2019. Dalam facebook itu, tampak dalam video yang dibagikan Nyoman Sumerta alias Nyoman Batu terkapar di pinggir jalan raya yang selanjutnya mendapat penanganan dari tim medis. "Gara-gara dehidrasi di perbatasan kemarin, kami putuskan istirahat dulu di Lucknow dan Pak Man mendapat pemeriksaan dokter. Semoga tetap fit untuk melanjutkan perjalanan," tulis Gus Wijaya.

Dalam unggahan video terbaru, Selasa pagi, kedua bikers ini tampak sudah fit dan sedang berada di sebuah bengkel di New Delhi untuk mengecek kondisi motor sebelum melanjutkan perjalanan berikutnya. "Jalan berliku, berlumpur dan berdebu. Seringkali roda tercoblos paku. Seperti kehidupan yg harus tetap diputar apapun yg berlalu," tulis Gus Wijaya dalam video yang dibagikan sebelumnya yang juga memperlihatkan motornya berdebu dan bannya tertancap paku.

Yang menarik dalam petulangan yang sudah dilakoninya hampir 1,5 bulan ini, Gus Wijaya dan Nyoman Sumerta selain harus berjibaku dengan medan dan cuaca yang ekstrem, keduanya juga tampak menikmati perjalanan dan menyinggahi sejumlah tempat bersejarah, salah satunya kuil di Kota Kathmandu. "Salah satu kuil Hindu yg sangat disucikan dan sudah dinyatakan sebagai situs dunia oleh Unesco sejak 1979. Senang melihat sdr kita di India berdesakan mengunjungi tempat ini," tulis Gus Wijaya yang dikenal  sebagai praktisi pariwisata dan mantan Ketua Bali Tourism Board (BTB) ini.

Untuk diketahui, dalam petualangan naik motor keliling Asia, dua biker Bali, Gus Wijaya dan Nyoman Sumerta akan menjelajahi ratusan kota dan pedesaan di 20 negara belahan Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Asia Timur. Rencananya, petualangan keliling Asia ini akan berlangsung selama 4 bulan. *isu

loading...

Komentar