nusabali

Pede Saingi Brasil dan Argentina

  • www.nusabali.com-pede-saingi-brasil-dan-argentina

Uruguay Gilas Ekuador 4-0

BELO HORIZONTE, Nusa Bali

Kemenangan telak di laga perdana Copa America menumbuhkan rasa percaya diri Timnas Uruguay. La Celeste pun lebih yakin dan ‘pede’ (percaya diri) bersaing dengan Brasil dan Argentina.

Uruguay memulai kiprah di Copa America dengan menghajar Ekuador 4-0, di Estadio Mineirao, Senin (17/6) dinihari WITA. Empat gol Uruguay dicetak Nicolas Lodeiro, Edinson Cavani, Luis Suarez, dan bunuh diri Arturo Mina.

Kemenangan Uruguay dipermudah kartu merah pemain Ekuador Jose Quintero di menit ke-24. Akhirnya Luis Suarez dkk pun tampil dominan dengan 16 tendangan ke gawang, dan tujuh on goal. Kemenangan telak itu jadi yang pertama bagi Uruguay di turnamen ini sejak 1967.

Hasil itu juga menegaskan, tim asuhan Oscar Tabarez sedang on fire belakangan ini. Dari tiga laga sebelumnya, Uruguay membuat 10 gol dan tidak kebobolan. Yakni, melawan Uzbekistan, Thailand, dan Panama. Uruguay pun memberi peringatan kepada para tim unggulan di turnamen, khususnya Brasil dan Argentina. Mereka tidak boleh diremehkan.

"Kami siap untuk bersaing di Copa America, melawan Brasil maupun Argentina, atau tim mana sasa," ujar Cavani, dikutip Sportskeeda.

Edinson Cavani bersama Luis Suarez tampil gemilang, usai pulih dari cedera. Hal itu menepis kekhawatiran pelatih Uruguay Oscar Tabarez. Suarez cedera karena lutut kanannya bermasalah. Sedangkan Cavani cedera otot dan hamstring.

"Bagi Suarez, ini pertandingan pertama setelah cedera. Dia hanya bermain saat latihan. Cavani, juga cedera cukup parah dan baru saja. Cristhian Stuani dan Jonathan Rodriguez (kondisinya juga bermasalah) - ada banyak ketidakpastian di tim ini,"kata Tabarez di Sportskeeda

Kemenangan 4-0 atas Ekuador membuat Uruguay untuk sementara memuncaki Grup C dengan tiga angka. Laga lain di grup ini antara Jepang dan Chile baru berlangsung, Selasa (18/6) pagi WITA. Laga selanjutnya Uruguay menghadapi Jepang, Jumat (21/6).

Sementara itu, Timnas Qatar membuat kejutan pada laga Grup B dengan menahan Paraguay 2-2, di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin (17/6) pagi WITA. Pada laga itu Qatar sempat tertinggal 0-2, tapi  kemudian bangkit dengan melesakkan dua gol balasan ke gawang Paraguay.

Qatar, yang juara Asia dan tuan rumah Piala Dunia 2022, berstatus tim tamu pada turnamen ini bersama dengan Jepang. Laga di grup B sebelumnya, Kolombiamengalahkan Argentina 2-0, kini memimpin klasemen sementara. Paraguay dan Qatar di posisi kedua dan ketiga, Argentina jadi juru kunci tanpa poin.  *

Komentar