nusabali

Festival Siwa Nandini dan Ganesha Caturthi Digelar Besok, Wedakarna Datangkan 9 Lembu Putih dari Desa Taro

  • www.nusabali.com-festival-siwa-nandini-dan-ganesha-caturthi-digelar-besok-wedakarna-datangkan-9-lembu-putih-dari-desa-taro

Lembu putih ini akan berkeliling (Murwa Daksina) sebanyak 3 kali di Lapangan Puputan Badung

ADA yang menarik saat kunjungan kerja Senator DPD RI Dr Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III di Desa Adat Taro, Gianyar, yakni ketika melihat puluhan sapi putih yang dipelihara dengan baik di sebuah kawasan di Desa Taro.

“Saya adalah pemuda yang jarang menunjukkan ekspresi terhadap hal apapun, tapi saat di hadapan puluhan ekor lembu putih ini saya seakan seperti anak kecil. Saya bahagia dan tidak menyangka ada tempat pelestarian dan kandang Lembu Putih di Desa Adat Taro. Saya menitikkan air mata saat bertatapan dengan mata Lembu Putih yang saya percaya adalah hewan suci kendaraan Dewa Siwa. Saya berterimakasih pada Forum Revolusi Mental yang sudah membawa saya ke tempat ini, juga Desa Adat Taro yang sudah melestarikan hewan suci agama Hindu ini,“ ungkap Wedakarna. 

Maka dari itu, anggota Komite III DPD RI bidang agama, budaya, dan pariwisata akan mengadakan kirab Festival Lembu Putih Nandini pada Kamis (24/9), di Puputan Badung. “Saya akan berbagi kebahagiaan dengan rakyat Bali khususnya Denpasar dan Badung. Mari kita sama–sama melaksanaan Nandini Puja dan mulai menghargai sapi sebagai hewan suci Hindu. Dengan memberi susu, buah, rumput adalah sebuah persembahan bagi Dewi Laksmi. Apalagi bisa menyentuh tubuh lembu putih ini, semua akan berefek kesucian. DPD RI akan bekerjasama The Hindu Center Indonesia, Badan Dana Punia Hindu Nasional (BDPHN), Bali Sanskrit Insitute, dan Desa Adat Taro untuk bisa mendatang lembu putih ini di depan Pura Jagatnatha. Nantinya pada sulinggih akan memimpin puja dan lembu putih ini akan berkeliling (Murwa Daksina) sebanyak 3 kali di Lapangan Puputan Badung. Kita berharap kotoran, urine lembu putih ini bisa membersihkan (pralina) kekotoran jagat Bali. Jaya Mahadewa,” ungkapnya. 

Rangkaian Festival Ganesha Caturthi dan Kirab Lembu Putih, Kamis (24/9) pukul 10.00 – 13.00 Wita, pelayanan umat untuk memberikan punia, susu, buah pada Lembu Putih, dilanjutkan dengan kirab pada pukul 13.00 – 15.00 mengelilingi Catur Muka Lapangan Puputan Badung. Sedangkan kirab Ganesha Caturthi dimulai pada pukul 15.00 – 18.00 dari Catur Muka ke Pantai Sanur.

Komentar