nusabali

Muncul Wacana Alternatif Sedana Arta-Wayan Wirya

  • www.nusabali.com-muncul-wacana-alternatif-sedana-arta-wayan-wirya

Wacana paket Calon Bupati (Cabup)-Calon Wakil Bupati (Cawabup) di internal PDIP untuk Pilkada Bangli 2020, terus bergulir.

BANGLI, NusaBali

Setelah wacana paket Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar dan Sang Nyoman Sedana Arta-I Made Subrata, kini muncul lagi alternatif paket Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Wirya. Sang Nyoman Sedana Arta adalah politisi asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut yang hampir pasti akan diusung PDIP sebagai Cabup Bangli ke Pilkada 2020. Ketua DPC PDIP Bangli ini kini masih menjabat Wakil Bupati Bangli 2016-2021. Jabatan tersebut sudah dua kali periode dipegang Sedana Arta, mendampingi Bupati I Made Gianyar.

Sedangkan I Wayan Diar adalah politisi asal Desa Belantih, Kecamatan Kintamani, Bangli yang kini menjabat Sekretaris DPC PDIP Bangli dan dadang-gadang pula sebagai kandidat terkuat Ketua DPRD Bangli hasil Pileg 2019. Sementara I Made Subrata merupakan adik Bupati Made Gianyar. Saat ini, Made Subrata masih menjabat Kepala Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Sebaliknya, Wayan Wirya adalah politisi asal Desa Serai, Kecamatan Kintamani yang kini anggota Fraksi PDIP DPRD Bangli. Mantan Perbekel Serai ini kembali lolos ke DPRD Bangli 2019-2024 dari PDIP Dapil Kintamani Barat hasil Pileg 2019, dengan perolehan 5.471 suara. Dialah caleg peraih suara terbanyak kuntuk kursi DPRD Bangli di Pileg 2019.

“Wayan Wirya layak dipertimbangkan menjadi Cawabup pendamping Sedana Arta di Pilkada Bangli 2020,” ujar sumber NusaBali di lingkaran PDIP Bangli, Senin (17/6). Pertimbangannya, lanjut sumber tadi, sosok Wayan Wirya sudah teruji. Sebelum maju tarung ke Pileg 2014, tokoh yang menyelesaikan pendidikan menengah di SMAN 6 Denpasar ini sempat menjadi Perbekel Serai. “Selain itu, Wayan Wirya adalah caleg peraih suara terbanyak di Pileg 2019. Dia ibarat raja tanpa mahkota, karena raih suara tertinggi meskipun tidak pegang jabatan struktural di partai,” katanya.

Menurut dia, Wayan Wirya bisa menjadi alternatif pendamping Sedana Arta di posisi Cawabup Bali, selain juga Made Subrata. “Jika PDIP masih ingin merebut kursi kekuasaan melalui Pilkada Bangli 2020 nanti, maka salahs atu di antara Made Subrata atau Wayan Wirya patut dipertimbangkan menempati posisi Cawabup. Ingat, jangan sampai salah memilih wakil, pertaruhannya sangat besar.”

Sementara itu, Wayan Wirya tidak mau banyak komentar ketika dikonfirmasi NusaBali terkait namanya masuk bursa Cawabup Bangli di internal PDIP, Senin kemarin. Wirya berdalih masih fokus menjalankan tugasnya di DPRD Bangli 2014-2019. “Saya ikuti alur yang ada. Kita lihat ke depanya seperti apa,” tandas Wirya yang notabene mantan penyandang predikat ‘Perbekel Termuda di Kabupaten Bangli’.

Sebelumnya, salah satu tokoh PDIP Bangli, I Nengah Sumiarta, mengatakan ada upaya lobi-lobi untuk sandingkan Sedana Arta dan Made Subrata sebagai pasangan Cabup-Cawabup ke Pilkada 2020. Bahkan, upaya untuk sandingkan Sedana Arta-Subrata difasilitasi oleh Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta. Konon, Giri Prasta yang kini Ketua DPC PDIP Badung ikut andil mendongkrak suara PDIP di Bangli dalam Pileg 2019.

Sumiarta menyebutkan, jika paket Sedana Arta-Subrata terwujud, mereka sulit ditandingi di Pilkada Bangli 2020. Selain didukung mesin partai yang hebat, Sedana Arta-Subrata juga mencerminkan kombinasi utara-selatan. Lagipula, paket Sedana Arta-Subrata nantinya akan didukung penuh oleh Bupati Made Gianyar, yang punya grip besar di internal PDIP. Berkaca dari hasil Pileg 2019, caleg PDIP yang dijagokan Bupati Made Gianyar khususnya dari Dapil Kintamani Barat dan Dapil Kintamani Timur, semuanya lolos ke DPRD Bangli 2019-2024 dengan perolehan suara lumayan besar.

“Jika Made Subrata maju, sudah tentu Bupati Made Gianyar akan support adiknya tersebut. Kalau Made Subrata sampai lepas, tentunya PDIP harus kerja ekstra keras di Pilkada 2020,” tandas politisi PDIP asal Desaa Sulahan, Kecamatan Susut ini kepada NusaBali, pekan lalu. esa

Komentar