nusabali

FPBT Kemas Puri Anom Jadi Objek Wisata

  • www.nusabali.com-fpbt-kemas-puri-anom-jadi-objek-wisata

Guna melestarikan arsitektur kuno di Tabanan, Forum Pelestari Budaya Tabanan (FPBT) mengkemas Puri Anom menjadi objek wisata budaya.

TABANAN, NusaBali

Ada berbagai budaya dan kuliner khas Tabanan akan disuguhkan kepada wisatawan yang datang, termasuk sejumlah kesenian.  Puri Anom Tabanan terletak di pusat Kota Tabanan, tepatnya utara Gedung I Ketut Maria masuk Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan. Meskipun belum dikelola dengan maksimal, puluhan wisatawan kerap kali mengunjungi. Para wisatawan dari berbagai negara ini senang menikmati budaya klasik terutama arsitektur bangunan kuno yang ada di Puri Anom Tabanan.

Ketua Forum Pelestari Budaya Tabanan I Putu Arya Wiguna mengatakan Puri Anom Tabanan akan dikemas menjadi wisata berbasis budaya. Ini dikarenakan peninggalan puri banyak meninggalkan bangunan klasik yang masih alami. Agar tidak punah maka pihaknya bergerak untuk melestarikan. "Ide buat ini sebenarnya sudah dari 3 tahun, tetapi baru sekarang terlaksana," ujarnya, Minggu (16/6).

Kata dia, wisatawan yang berkunjung ke Puri Anom akan banyak mendapatkan fasilitas sesuai permintaan. Mulai dari coffe break dengan menu teh beras merah, kopi khas Tabanan, jajan Bali dan klepon. Kemudian Lunch dengan menu ayam betutu, menikmati culture bangunan Puri Anom dan perfomane kesenian. "Untuk kesenian kami akan tampilkan tarian yang diciptakan oleh maestro dari Tabanan," imbuh Arya Wiguna.

Arya menyebutkan wisatawan yang berkunjung ke Puri Anom agar mendapatkan seluruh fasilitas tersebut, terlebih dahulu berkoordinasi ke pihak FPBT. Koordinasi dilakukan untuk mengetahui keinginan wisatawan supaya bisa disiapkan. "Lebih jelasnya kami menawarkan paket, paket apa yang diminta wisatawan kami siapkan," tegasnya.

Saat ini, jelas Arya, Puri Anom telah melauncing pariwisata budaya pada Sabtu (15/6) malam. Termasuk telah melakukan kerjasama dengan sejumlah agent dan pelaku pariwisata untuk membangun lebih banyak wisata budaya di Tabanan.  "Yang jelas pariwisata Budaya Puri Anom Tabanan dibuat adalah untuk cita-cita membangun kota Tabanan sebagai kawasan budaya untuk memperkaya objek tujuan wisata di Tabanan," tegasnya.

Dia menambahkan sebelum dilauncing, kunjungan wisatawan ke Puri Anom lumayan ramai, rata-rata 20-30 wisatawan. Wisatawan terbanyak dari Eropa, Filipina, Thailand dan India. "Terutama wisatawan Eropa mereka sangat senang melihat arsitektur bangunan yang ada di puri masih klasik dan kuno. Meski sudah ada yang direstorasi," tandasnya. *des

loading...

Komentar