nusabali

Duta Badung di PKB Libatkan Seniman Muda

  • www.nusabali.com-duta-badung-di-pkb-libatkan-seniman-muda

Ajang PKB ke-41 Tahun 2019

MANGUPURA, NusaBali

Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 resmi dibuka, Sabtu (15/6). Pembukaan dilakukan Presiden RI Joko Widodo. Pada ajang tahunan ini, Pemkab Badung mengirimkan sebanyak 4.862 seniman baik yang tampil pada saat pawai pembukaan maupun yang akan dilombakan.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Badung, Ida Bagus Anom Bhasma, mengatakan seluruh persiapan untuk tampil pada ajang PKB kali ini sudah dipersiapkan matang sejak jauh-jauh hari. Menurutnya, hampir semua pentas kesenian diikuti baik yang diperlombakan maupun tidak.

“Mereka yang mewakili Badung merupakan duta-duta pilihan. Sebagian besar adalah anak-anak muda. Melibatkan seniman muda ini sebagai upaya regenerasi,” ujarnya.

Lanjut dikatakan, secara khusus pada ajang PKB kali ini, Badung juga menyiapkan fragmen tari kolosal. Tarian menceritakan sebuah tradisi makotek, tradisi yang berasal dari Desa Munggu, Kecamatan Mengwi. “Untuk tari kolosal (Makotek) sudah ada dari ISI Denpasar dan Listibya Badung yang membantu menyiapkan,” paparnya.

Anom Bhasma menyatakan, dengan persiapan matang yang dilakukan dan gelontoran anggaran sekitar Rp 7 miliar untuk pembinaan diharapkan para seniman dari Gumi Keris bisa tampil maksimal memberikan tontonan dan hiburan bagi masyarakat. “Kami berharap para seniman yang menjadi duta Badung bisa tampil maksimal pada ajang PKB kali ini,” tukasnya. *asa

loading...

Komentar