nusabali

Singgah ke Rumah Penyu yang Berusia 70 Tahun

  • www.nusabali.com-singgah-ke-rumah-penyu-yang-berusia-70-tahun

Penyu menjadi hewan langka, hal ini dikarenakan daging maupun sisik penyu sangat berharga akibatnya perburuan liar kerap terjadi. Dengan fenomena tersebut untuk menyelamatkan penyu dari perburuan liar dibentuklah Yayasan Pelestarian Penyu.

Penulis : Ni Putu Yulia Puspita Rini
Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana

Yayasan Pelestarian Penyu sudah dibentuk dibeberapa kota., salah satunya Yayasan Pelestarian Penyu  Serangan. Yayasan ini didirikan oleh I Wayan Raga yang merupakan warga asli Serangan pada tanggal 5 Juli  1989  yang  berlokasi di Jalan Tukad Punggawa, No. 32 Denpasar Selatan. Yayasan Pelestarian Penyu Serangan merupakan Yayasan milik pribadi (Non Pemerintah) yang memiliki misi untuk menyelapatkan dan melestarikan penyu.

Di Yayasan ini terdapat berbagai jenis penyu mulai dari penyu hijau, sisik dan yang lainnya. Yayasan ini berbeda dengan penangkaran penyu yang  lainnya yaitu pada Yayasan ini terdapat penyu yang sudah tua yakni berumur 70 tahun sehingga hal ini menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Selain penyu dewasa di Yayasan ini juga terdapat tukik atau anak penyu sehingga di Yayasan ini terdapat dua kolam untuk memisahkan penyu dewasa dan anaknya hal ini dilakukan agar tukik atau anak penyu lebih aman tidak dimakan oleh induknya. 

Di Yayasan pelestarian penyu ini juga terdapat penetasan telur penyu yang jika beruntung kita dapat melihat proses kelahiran penyu. Di Yayasan ini juga menjual sovernir penyu yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh atau sebagai tanda bahwa sudah pernah berkunjung ke penangkaran ini.


Yayasan ini sangat edukatif, sangat baik untuk dikembangkan. Namun, pengembangan Yayasan ini terkendala dikarenakan Yayasan ini milik pribadi. Jadi biaya yang dikeluarkan untuk mengembangkan Yayasan ini cukup banyak, sedangkan pemasukan Yayasan ini hanya dari sumbangan sukarela dari pengunjung. Hal ini menjadikan perawatan penyu pun menjadi seadanya. ujar “  Sugiana (30 tahun) Pengelola Yayasan Pelestarian Penyu Serangan.

Jadwal berkunjung ke Yayasan Pelestarian Penyu Serangan ini, dibuka dari jam 10.00 WITA-16.00 WITA,. Untuk masuk ke Yayasan ini tidak menggunakan tiket cukup berdonasi suka rela di kotak hitam yang berada di samping kolam. Donasi ini digunakan untuk keberlangsungan hidup penyu.

“Yayasan ini sangat edukatif, tempatnya sangat nyaman. Apalagi didepan terdapat 3 gazebo besar yang cocok untuk bersantai disore hari dikala penatnya suasana Denpasar. ujar “  Bram (20 tahun) salah satu pengunjung dari Yayasan Pelestarian Penyu Serangan.*


*. Tulisan dalam kategori OPINI adalah tulisan warga Net. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Komentar