nusabali

Rumah Kelian Rusak Tertimpa Rumpun Bambu

  • www.nusabali.com-rumah-kelian-rusak-tertimpa-rumpun-bambu

Hujan disertai angin menyebabkan rumpun bambu di Banjar Lusuh Kangin, Desa Peringsari, Kecamatan Selat, Karangasem, Jumat (14/6).

AMLAPURA, NusaBali

Akibatnya, rumah Kelian Lusuh Kangin, I Wayan Putu Adnyana Ariawan, rusak tertimpa rumpun bambu. Tiga kamar tidur jebol akibat atap, plafon, dan tembok hancur. Buat sementara rumahnya tidak bisa ditempati.

Material bangunan yang roboh berserakan di dalam kamar. Selama ini bangunan itu ditempati ayah kandung Kelian Banjar Lusuh Kangin, I Nyoman Kari, sedangkan Kelian Banjar Lusuh Kangin I Wayan Putu Adnyana Ariawan tinggal di bangunan di sebelahnya. Rumpun bambu itu selama ini digarap I Wayan Kenak. “Sejak lama rumpun bambu condong ke arah bangunan. Setelah seharian diguyur hujan, menyebabkan batang dan daun bambu jadi berat, menyebabkan akar bambu terangkat dan roboh,” jelas Perbekel Desa Peringsari, I Wayan Bawa.

Sedangkan Relawan Pasebaya Agung I Gusti Made Ngurah melaporkan rumpun bambu roboh di Desa Muncan ke TRC BPBD Karangasem, petugas BPBD langsung bergerak dipimpin Kepala Pelaksana BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa. Petugas membawa blakas dan chainsaw, digunakan memotong batang-batang bambu. Rumpun bambu yang roboh selama ini condong ke jalan raya, karena kondisinya berat diguyur hujan, maka satu rumpun beserta akarnya terangkat.

Selama petugas melakukan penanganan, diberlakukan buka tutup. Penanganan tuntas pukul 10.00 Wita dan arus lalulintas normal kembali. IB Ketut Arimbawa mengingatkan masyarakat lebih berhati-hati melintas di musim hujan disertai angin kencang yang rawan terjadi pohon tumbang. *k16

Komentar