nusabali

Pemkab Tabanan Kembali Gelar Gebyar Panutan Pembayaran PBB-P2

  • www.nusabali.com-pemkab-tabanan-kembali-gelar-gebyar-panutan-pembayaran-pbb-p2

Pemkab Tabanan melalui Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tabanan kembali menggelar Gebyar Panutan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), Jumat, (14/6).


TABANAN, NusaBali
Gebyar ini merupakan salah satu upaya untuk menyosialisasikan sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh stakeholder untuk bersama-sama menyatukan langkah menyukseskan kegiatan Pemungutan PBB-P2,

Kegiatan di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan itu dihadiri Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, didampingi Sekda Tabanan I Gede Susila, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan AA Dalem Tresna Ngurah. Hadir juga seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, perwakilan dari Bank BPD Bali, serta undangan lainnya yang hadir.

Gebyar yang rutin digelar Pemkab Tabanan setiap tahun ini juga bertujuan agar para wajib pajak, baik badan maupun perorangan bisa melaksanakan kewajiban pembayaran PBB-P2. Kepala Badan Keuangan Daerah Tabanan I Dewa Sri Budiarti

mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengoptimalkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak, khususnya PBB-P2. Gebyar ini juga sebagai media sosialisasi bahwa pembayaran pajak bisa secara mandiri sudah dapat dilaksanakan baik secara langsung ke Bank BPD Bali maupun tempat pembayaran lainnya. Tempat pembayaran lainnya yakni tempat yang mempunyai link dengan Bank BPD Bali seperti, LPD, Koperasi, BUMDes, PT POS Indonesia, dan masih banyak lagi. “Dan khusus bagi wilayah-wilayah yang belum memiliki akses pembayaran terdekat, Pelayanan dan Pemungutan secara langsung masih dimungkinkan dengan menggunakan mobil keliling bekerjasama dengan Bank BPD Bali atas dasar Permohonan Perbekel setempat," jelasnya.

Bupati Eka Wiryastuti sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih kepada wajib pajak yang taat melaksanakan kewajiban perpajakannya. “Untuk itu, melalui kegiatan ini kami mengajak para pejabat, pengusaha, para ASN beserta masyarakat umum selaku wajib Pajak untuk taat membayar pajak sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ungkapnya.

Bupati Eka menyerukan agar pengelolaan pajak berorientasi pada peningkatan pendapatan, obyek pajak yang cukup potensial dibilangnya perlu didata dan dinilai kembali sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan disinggungnya perlu adanya tim khusus untuk melancarkan kegiatan tersebut, termasuk melibatkan seluruh stakeholder di Pemkab Tabanan, mulai tingkat atas sampai tingkat paling bawah. “Upaya optimalisasi penerimaan dari sektor Pajak senantiasa perlu terus dilakukan guna memenuhi kebutuhan anggaran Daerah, khususnya untuk pembangunan infrastruktur dan pemenuhan jaminan sosial yang perlu banyak mendapat perhatian dan seluruhnya diarahkan untuk mencapai visi Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi,” jelas Bupati Eka.

Atas keberhasilan dalam pengelolaan Pajak Daerah ini, Bupati asal Banjar Tegeh, Desa Angseri ini juga mengucapkan terimakasih kepada Bank BPD Bali yang telah memberikan support berupa doorprize yang nilainya cukup besar untuk memotivasi kehadiran para wajib pajak, di antaranya, sepeda motor dan sepeda gunung, dan lain sebagainya.

Selain pemberian door price kepada wajib pajak perorangan, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan penghargaan wajib pajak Hotel dan Restoran terbaik. Di antaranya, terbaik pertama yaitu Hotel Soori Bali, mendapatkan piagam penghargaan dan satu unit sepeda gunung. Terbaik kedua PT Natura Mandiri mendapat piagam penghargaan dan dispenser. Terbaik ketiga PT Fast Pood Indonesia (KFC Tabanan) mendapat piagam penghargaan dan kompor gas, yang diserahkan langsung oleh Bupati Eka.*des

Komentar