nusabali

Kabupaten Badung Gelar Uji Coba Sebelum Melangkah Ke Pesta Kesenian Bali Tahun 2019

  • www.nusabali.com-kabupaten-badung-gelar-uji-coba-sebelum-melangkah-ke-pesta-kesenian-bali-tahun-2019

Dilansir dari situs resmi www.disbud.baliprov.go.id , Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali  Dr. I Wayan Adnyana, S.Sn.M.Sn Pembina Tingkat 1 dalam purwakatanya pada bagian awal pengunggahan jadwal kegiatan PKB 2019 , mengatakan bahwa Pesta Kesenian Bali tahun ini mengambil tema : “Bayu Pramana : Memuliakan Sumber daya Angin”.

Penulis : Indah Sri Lestari
Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana

Tema ini dimaknai sebagai kesadaran dalam  memuliakan daya , energi, dan kekuatan unsur  semesta yakni : udara , angin , nafas atau sebutan lain. Konsep adihulung ini hendaknya akan menjadi pematik kreativitas berbasis tradisi Bali masa kini untuk selalu mencintai kebudayaan leluhur untuk membangun karakter jadi diri, dan kesejahteraan bersama. 

Dalam rangkaian kegiatan PKB masing-masing kabupaten akan bergiliran menampilkan karya-karya yang baru dan inovatif. Terutama kabupaten Badung yang merupakan salah satu kabupaten yang disetiap penampilannya sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Bali. 

Kemudian untuk mengecek kematangan persiapan dari para senimannya agar senada dengan tema yang telah ditentukan, kabupaten Badung melakukan uji coba untuk kategori Gong Kebyar Dewasa dan Gong Kebyar Anak-Anak yang dilaksanakan pada Kamis, 13 Juni 2019 yang bertempat di Jaba Pura Puseh Desa Adat Munggu pada pk 19.00 wita – selesai. Kegiatan uji coba ini juga turut dihadiri oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, S.Sos , Anak Agung Gede Agung selaku pengelingsir Puri Mengwi , dan juga para pegawai Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung.

Untuk kategori Gong Kebyar Dewasa kali ini diwakili oleh Sekaa Gong Manggeh Jayengrat dari Desa Munggu , Kecamatan Mengwi sedangkan untuk kategori Gong Kebyar Anak-Anak diwakili oleh Sekaa Gong Mekar Jaya dari Banjar Lambing , Desa Mekar Buwana , Kecamatan Abiansemal. Sementara itu , materi yang diujikan berjumlah 4 materi pada masing-masing kategori sehingga total materi yang diujikan yaitu 8 materi. 

Materi yang diujikan pada kategori Gong Kebyar Dewasa yaitu diawali dengan penampilan Tari Kreasi , kemudian penampilan Sandya Gita , dilanjutkan dengan penampilan Tari Solah Rawit , dan diakhiri dengan penampilan materi Tabuh Kreasi. Sedangkan pada kategori Gong Kebyar Anak-Anak diawali dengan penampilan Tabuh Kreasi terlebih dahulu, kemudian penampilan Tari Jaran Teji , dan dilanjutkan dengan penampilan Tari Kreasi dan di tutup dengan penampilan Dolanan.  

Untuk penampilan lebih jelas dan cerita ataupun makna yang terkandung dalam setiap materi yang disajikan nanti dapat disaksikan pada tanggal 21 Juni 2019 di Panggung Terbuka Ardha Candra untuk kategori Gong Kebyar Anak-Anak pada pk 19.30 wita – selesai  dan untuk kategori Gong Kebyar Dewasa akan tampil pada tanggal 2 Juli 2019 bertmpat di Panggung Terbuka Ardha Candra pk 19.30 wita- selesai.*


*. Tulisan dalam kategori OPINI adalah tulisan warga Net. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

loading...

Komentar