nusabali

Objek Wisata Sangeh Bakal Dilengkapi Patung dari Tokoh Pewayangan

  • www.nusabali.com-objek-wisata-sangeh-bakal-dilengkapi-patung-dari-tokoh-pewayangan

Dinas Pariwisata Kabupaten Badung mulai menata Objek Wisata Sangeh di Kecamatan Abiansemal supaya bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi.

MANGUPURA, NusaBali

Cara ini dilakukan guna menyeimbangkan pariwisata antara Badung Selatan dan Badung Utara. Selain membangun gerbang baru di sebalah timur, juga sekaligus akan dibangun taman lengkap dengan patung tokoh-tokoh pewayangan dalam cerita Ramayana. “Penataan tersebut sedang dikerjakan oleh rekanan,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badra saat dikonfirmasi, Kamis (13/6).

Badra mengatakan, penataan Objek Wisata Sangeh adalah cara untuk menarik minat wisatawan datang berkunjung. Sehingga wisatawan tidak hanya ke Badung Selatan, melainkan ada alternatif untuk ke Badung Utara.

Di samping itu, penataan yang kini dilakukan merupakan bentuk perbaikan fasilitas pelayanan kepada wisatawan. Terlebih ada rencana kenaikan tarif. “Fasilitas-fasilitas penunjang juga akan diperbaiki seperti toilet, tempat loket, dan lain sebagainya,” kata Badra.

Sementara, Kepala Pengelola Objek Wisata Sangeh I Made Mohon membenarkan penataan Objek Wisata Sangeh sudah mulai dikerjakan. Untuk tahap pertama, dilakukan perbaikan pada pintu masuk dan penataan taman. “Pintu masuk akan dari timur, sehingga kelihatan Objek Wisata Sangeh dari jalan raya,” ujarnya.

Nah, penataan taman dimaksud juga akan dilengkapi dengan patung dari tokoh pewayangan dalam cerita Ramayana. Di antaranya seperti patung Jatayu, Hanoman, dan Patung Rama Sinta. “Jadi di sini pas jika dibangun taman cerita Ramayanan. Banyak ada kera seperti dalam cerita Ramayana, ketika bagaimana Rahwana saat dikerumuni kera,” tuturnya.

“Sekarang jarang yang tahu cerita Ramayana. Kalau ini sudah jadi, pengunjung bisa ikut belajar bagaimana karakter dari tokoh pewayangan itu. Setiap patung nanti akan kelihatan karakter dan ada ceritanya,” imbuh Made Mohon.

Dalam penataan ini, ungkapnya, Pemkab Badung melalui Dinas Pariwisata menyiapkan anggaran sebesar Rp 6.216.925.993. Proyek dikerjakan oleh PT Undagi Jaya Mandiri. “Pengerjaannya 180 hari kalender, sesuai dengan tender,” tuturnya. *asa

Komentar