nusabali

Satol PP Atensi Duktang Tanpa Identitas

  • www.nusabali.com-satol-pp-atensi-duktang-tanpa-identitas

Pasca libur Lebaran, Gianyar menjadi salah satu tempat tujuan penduduk pendatang (duktang). Karena Gianyar jadi lokasi strategis untuk mengais rejeki alias bekerja.

GIANYAR, NusaBali

Dua kecamatan, yakni Sukawati dan Blahbatuh diprediksi bakal dijejali duktang. Sebagai antisipasi duktang nakal, Satpol PP Gianyar mulai merapatkan barisan. Dalam kurun waktu sekitar sebulan ke depan, kedatangan penduduk asal luar Bali akan diatensi melalui sidak. "Mulai minggu ini sampai Juli, kita akan mengadakan sidak duktang," jelas Kasatpol PP Gianyar, I Made Watha, usai rapat koordinasi antisipasi duktang bersama 7 Camat se Gianyar, Kamis (13/6).

Sidak akan diintensifkan menyasar desa-desa yang kompleksitas penduduknya heterogen. Hal ini dimaksudkan untuk penertiban serta terciptanya kenyamanan dan keamanan, khususnya penduduk lokal. Kasatpol PP Gianyar I Made Watha menyebutkan terdapat beberapa titik penduduk pendatang terpadat di Kabupaten Gianyar, yakni Kecamatan Sukawati dengan Kecamatan Blahbatuh.

Dilanjutkan, setiap kali melakukan penertiban, Satpol PP akan menerjunkan satu regu yang terdiri dari 20 anggota serta bekerjasama dengan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gianyar agar proses pendataan lebih mudah. Dalam sidak yang akan dilakukan oleh petugas akan bekerja sama dengan masing-masing Kecamatan di Gianyar. Bahkan untuk mempermudah memonitoring giat pihak terkait dibuatkan WA group. "Kami akan buat WA Group yang anggotanya kami langsung dari atasan dengan masing masing Camat," katanya.

Meski penjaringan duktang sangat ketat pada pintu utama masuk Bali, diyakini masih ada duktang tanpa identitas yang bisa lolos pemeriksaan. Maka itu, pendataan di tempat kos menjadi upaya antisipasi pamungkas. Kata Watha, jika pihaknya mendapati duktng tanpa identitas maka akan diatensi. "Pertama, kita koordinasi dulu denganpenjamin. Kalau penjamin ok bertanggungjawab, kita buatkan surat pernyataan. Bahwa mereka sanggup  memenuhi persyaratan admistrasi kependudukan," jelasnya. Selain itu, duktang tanpa identitas yang berhasil didata akan dibeberkan di masing-masing kantor desa. "Karena kita lebih pada penertiban atau penegakan, bukan operasi yang bisa menindak tegas," jelasnya. Terpenting dari sidak duktang ialah untuk memastikan, orang yang tinggal di Gianyar jelas asal usulnya, pekerjaannya dan tempat tinggalnya. *nvi

loading...

Komentar