nusabali

Pelayanan Puskesmas Kerambitan I Dikeluhkan

  • www.nusabali.com-pelayanan-puskesmas-kerambitan-i-dikeluhkan

Calon pasien mengeluhkan layanan dokter umum di Puskesmas Kerambitan I.

TABANAN, NusaBali

Pelayanan dokter umum di Puskesmas Kerambitan I, yang ada di Banjar Mandung, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, dikeluhkan. Pelayanan dokter umum dituding warga lambat karena kebanyakan ngobrol dan main handphone saat jam kerja.

Hal tersebut disampaikan oleh seorang warga I Dewa GAPP dari Banjar Samsam II, Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan. Pada Kamis (13/6) pagi sekitar pukul 07.00 Wita dia sudah datang ke Puskesmas Kerambitan I mengantar orangtuanya kontrol untuk mendapat surat rujukan agar bisa berobat ke BRSUD Tabanan.

Setibanya di Puskesmas Kerambitan I dia mendapat antrean nomor 2 dewasa. Antrean dan pelayanan administrasi tidak ada masalah. Petugas administrasi melayani dengan baik. Namun permasalahan baru muncul di pelayanan dokter umum.

Dari pelayanan mulai buka pukul 07.45 Wita sampai pukul 08.20 Wita, seorang dokter perempuan yang ada di pelayanan umum dilihat kerjaanya hanya ngobrol. Sampai sekitar pukul 08.30 Wita baru memanggil nomor antrean pertama. Sedangkan di pelayanan dokter anak pukul 08.30 Wita sudah memanggil sampai antrean nomor 8.

Bahkan saat itu diakui Dewa GAPP, pukul 08.30 Wita belum juga memanggil nomor antrean berikutnya. Justru dokter perempuan dimaksud sibuk urus hal lain dan akhirnya memanggil seorang dokter laki-laki untuk memberikan pelayanan. Akan tetapi dokter laki-laki ini tidak segera memberikan pelayanan, dan terkesan lelet.

“Karena saya sudah geram, akhirnya saya protes ke dia (dokter), bilang pelayanan lama padahal saya sudah datang pukul 07.00 Wita,” beber Dewa GAPP.

Seusai diprotes tersebut dokter laki-laki itupun tidak bisa memberikan komentar. Dan langsung memberikan pelayanan memanggil antrean nomor 2. “Harusnya tidak sampai pasien protes, jika ada kesibukan bisa disampaikan, malah kami lihat banyak ngobrol yang tidak penting, padahal layanan di dokter anak lancar,” ucapnya.

Bahkan menurut Dewa GAPP, pasien bernama Dewa MJ yang berbarengan ke Puskesmas Kerambitan I mengeluhkan hal sama. Disebutkan dokter umum terkesan lamban memberikan pelayanan. “Sejumlah warga juga mengeluhkan pelayanan karena dokternya sering tidak ramah. Ada juga dimarah-marah sampai tetangga saya tidak mau berobat ke sana,” tegasnya.

Kepala Puskesmas Kerambitan I dr Made Sukamerta belum bisa dikonfirmasi atas keluhan calon pasien tersebut. Dihubungi melalui ponselnya, berkali-kali panggilan telepon dialihkan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika, mengatakan pihaknya akan memindaklanjuti hal tersebut. “Kami akan cek dulu ke lapangan. Sebelumnya kami mohon maaf, keluhan segera kami tindaklanjuti,” ujar  Suratmika. *des

Komentar