nusabali

Dua Penalti Spanyol Benamkan Swedia

  • www.nusabali.com-dua-penalti-spanyol-benamkan-swedia

Rangkaian pertandingan keempat kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup F pada Selasa (11/6) dini hari WITA memperlihatkan Spanyol dominasinya atas Swedia.

MADRID, NusaBali

Laga di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, tersebut berkesudahan 3-0. Dua dari tiga gol kemenangan Spanyol berasal dari titik putih dieksekui oleh Sergio Ramos pada menit ke-64 dan Alvaro Morata pada menit ke-85. Mikel Oyarzabal melengkapi kemenangan Spanyol menjadi 3-0 lewat tembakan melengkung yang tak mampu dijangkau kiper Robin Olsen.

Sergio Ramos menjadi pemecah kebuntuan melalui eksekusi penaltinya menit 64. Spanyol mendapat hadiah penalti tersebut karena wasit William Collum menilai lengan Sebastian Larsson mengenai bola di area terlarang.

Di menit 85, pemain yang bakal gabung ke Liga China ini kembali mendapat kesempatan mencetak gol keduanya dari titik penalti lagi. Namun kali ini, Ramos menawarkan kepada Alvaro Morata yang baru masuk lapangan untuk mengambil penalti tersebut.

Penalti diberikan karena pelanggaran yang dilakukan Filip Helander terhadap Morata. "Saya menawarkan penalti itu kepada Morata karena para penyerang hidup untuk mencetak gol, dan saya ingin penyerang kami kembali menemukan kegembiraan dan sentuhannya. Ini adalah usaha bersama dan hanya hasil, bukan siapa pencetak gol, yang menjadi penting," kata Ramos.

Morata yang masuk untuk menggantikan Marco Asensio pada babak kedua seusai Ramos mengeksekusi penalti pertama, tidak membantah pernyataan sang kapten. "Tawaran yang sangat indah dari Sergio Ramos untuk memberikan penalti tersebut kepada saya. Ia selalu ingin mencetak gol. Saya bahkan tidak memintanya," tutur penyerang Atletico Madrid tersebut.

Dua menit berselang, Spanyol memantapkan kemenangan lewat gol indah hasil kerja sama Fabian Ruiz dan Mikel Oyarzabal. Sepakan penyerang Real Sociedad Oyarzabal ke sudut gawang Swedia tidak mampu diantisipasi Robin Olsen.

Pada laga Grup F lainnya, Rumania dan Norwegia juga memetik kemenangan tanpa gol balasan dari lawan masing-masing.

Rumania mengalahkan tuan rumah Malta dengan skor 4-0 saat melawat ke Stadion Nasional Ta' Qali George Puscas mengemas dwigol pada menit ketujuh dan ke-29 yang disusul Alexandru Chipciu lima menit kemudian serta ditutup dengan sepakan kaki kiri Dennis Man pada menit pertama masa injury time.

Sedangkan Norwegia yang bertandang ke Stadion Torsvollur, Torshavn, berhasil menang 2-0 atas Kepulauan Faroe berkat dwigol Bjorn Johnsen.

Berkat hasil-hasil tersebut, Spanyol kian mantap di puncak klasemen sementara Grup F dengan koleksi 12 poin unggul lima poin dari Swedia (7) di peringkat kedua serta Rumania (7) di urutan ketiga.

Tiga poin tambahan yang diraih Norwegia (5) mengangkat posisi mereka ke peringkat keempat bertukar tempat dengan Malta (3), sedangkan Kepulauan Faroe (0) masih jadi juru kunci. *

loading...

Komentar