nusabali

Jaringan Rusak, Pendaftaran Online Bermasalah

  • www.nusabali.com-jaringan-rusak-pendaftaran-online-bermasalah

Warga Ambil Antrean Manual ke MPP

DENPASAR, NusaBali

Jaringan website yang dimiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Denpasar mengalami kerusakan dari awal masa kerja pasca cuti bersama, Senin (10/6). Hingga, Selasa (11/6) jaringan belum juga bisa digunakan untuk membuka website pendaftaran online. Hal itu menyebabkan warga harus kembali datang ke Gedung Sewaka Dharma di Lumintang untuk mengambil antrean secara manual terutama pada pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Salah satu warga yang akan mengurus akta kelahiran mengaku sempat ingin mendaftar melalui online seperti sebelumnya namun sudah tidak bisa lagi mengakses melalui Internet.

Hal itu menyebabkan pihaknya sebelumnya enggan untuk datang ke MPP karena mengira antrean sudah penuh. Hari kedua kata dia, pihaknya kembali mengakses antrean online namun tetap saja tidak bisa.

Hal itu membuat pihaknya mencoba untuk datang langsung pagi-pagi ke MPP karena takut nomor antrean manual habis. Dengan kondisi tersebut, dia mengaku kelimpungan karena mengira terus tidak mendapatkan nomor antrean. "Iya saya kira sudah penuh terus dari hari Senin. Makanya saya pagi-pagi ke sini (MPP) eh ternyata jaringannya yang rusak. Terpaksa ambil antrean manual, walaupun sempat antre sebentar," ujarnya.

Dia pun meminta pihak MPP agar segera melakukan perbaikan. Sebab, dengan adanya pendaftaran online sangat mempermudah masyarakat karena mendapatkan nomor antrean sesuai dengan waktu yang tertera. "Ya cepatlah diperbaiki, soalnya lebih mudah sudah ada jamnya jadi gak perlu nunggu lagi. Kalau sudah jam untuk datang ke MPP baru berangkat dari rumah. Jadi menunggunya sebentar tidak seperti sekarang agak lama," imbuhnya.

Sementara dikonfirmasi, Kabid Komunikasi & Informasi Publik Dinas Komunikasi,  Informatika & Statistik Kota Denpasar, Gde Wirakusuma Wahyudi, membenarkan adanya gangguan jaringa dari awal masa kerja pasca cuti. Gangguan tersebut mengakibatkan masyarakat tidak bisa mengakses pendaftaran online. Kata dia, ini terjadi bukan hanya pada antrean Disdukcapil saja namun juga antrean lain yang menggunakan aplikasi yang sama.

Gangguan tersebut bukan dalam jaringan MPP melainkan jaringan dari pusat yakni dari Telkom. Hal ini membuat pihaknya harus menunggu perbaikan dari pusat untuk memperbaiki agar pendaftaran online kembali bisa diakses. "Ini memang rusak dari Senin kemarin saat awal kerja pasca cuti bersama. Dari pusat, jadi ini bukan hanya untuk Disdukcapil saja tapi semua terkait dengan antrean layanan di MPP. Jadi kami menunggu perbaikan dulu. Untuk sementara kami pakai manual," jelasnya. *mis

loading...

Komentar