nusabali

Muncul Wacana Sanjaya-Eka Nurcahyadi

  • www.nusabali.com-muncul-wacana-sanjaya-eka-nurcahyadi

Bursa Cabup-Cawabup di PDIP untuk Pilkada Tabanan 2020

TABANAN, NusaBali

Siapa pasangan Calon Bupati (Cabup)-Calon Wakil Bupati (Cawabup) Tabanan yang akan diusung PDIP ke Pilkada 2020, mulai terbuka. Muncul wacana paket I Komang Gede Sanjaya-Putu Eka Putra Nurcahyadi sebagai kandidat Cabup-Cawabup Tabanan di internal PDIP.

Isu paket Sanjaya-Eka Nurcahyadi ini semakin santer bergema di Tabanan, Selasa (11/6). Pasangan Sanjaya-Eka Nurcahyadi dianggap cocok dan pas, karena sama-sama sudah membuktikan prestasi. Hubungan kedua petinggi PDIP level berbeda ini juga cukup harmonis.

IKG Sanjaya adalah politisi asal Banjar Dauh Pala, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan yang kini menjabat Ketua DPC PDIP Tabanan 2015-2020. Sanjaya juga dua kali periode menjabat Wakil Bupati Tabanan mendampingi Ni Putu Eka Wiryastuti, yakni 2010-2015, 2016-2021. Sebagai Ketua DPC PDIP Tabanan, Sanjaya mencatat prestasi oke di Pileg 2019. Dua sukses mengantarkan PDIP sapu 28 kursi dari total 40 kursi DPRD Tabanan 2019-2024 atau kuasai 70,00 persen suara parlemen. Ini naik tajam dari semula 22 kursi legislatif yang direngkuh PDIP hasil Pileg 2014 lalu.

Sedangkan Putu Eka Putra Nurcahyadi adalah politisi muda PDIP asal Desa Batan Nyuh, Kecamata Marga, Tabanan yang sudah satu periode duduk di kursi DPRD Tabanan dan kembali lolos ke Dewan hasil Pileg 2019. Bahkan, Eka Nurcahyadi lolos ke legislatif dengan perolehan 15.172 suara di Pileg 2019 ini. Eka Nurcahyadi pun menjadi caleg peraih suara terbanyak untuk DPRD Tabanan dan caleg peraih terbanyak kedua se-Bali untuk kursi DPRD Kabupaten/Kota, di bawah I Nyoman Satria (kader PDIP Badung). Sementara dalam Pileg 2014 lalu, Eka Nurcahyadi berhasil merengkuh kisaran 12.000 suara.

Saat ini, Eka Nurcahyadi menjabat sebagai Ketua PAC PDIP Kecamatan Marga dan sekaligus Ketua Komisi I DPRD Tabanan. Maka, Eka Nurcahyadi dianggap sangat cocok mendampingi seniornya, IKG Sanjaya. “Di samping itu, Eka Nurcahyadi juga populer dan bisa nyambung dengan generasi milenial,” ungkap sumber NusaBali di lingkaran PDIP Tabanan, Selasa kemarin.

Saat dikonfirmasi NusaBali terkait namanya yang santer diwacanakan akan jadi tandem Sanjaya di poisisi Cawabup Tabanan ke Pilkada 2020, Eka Nurcahyadi enggan berkomentar. “Prinsipnya, saya serahkan sepenuhnya kepada induk partai,” jelas Eka Nurcahyadi.

Sementara itu, Ketua PAC PDIP Selemadeg Timur, I Made Muskadana, mengatakan sejauh ini belum ada rapat membahas Pilkada Tabanan 2020. Karenanya, belum ada pembahasan masalah Cabup-cawabup Tabanan. "Belum ada rapat mengenai Pilkada 2020, kami tunggu petunjuk partai," ujar Muskadana secara terpisah, Selasa kemarin.

Disinggung soal munculnya wacana paket Sanjaya-Eka Nurcahyadi, menurut Muskadana, pada dasarnya siapa pun yang direkomendasi DPP PDIP, pengurus tingkat kecamatan akan tunduk. Yang jelas, Sanjaya disebutnya sangat layak dari segi pengalaman untuk diusung jadi Cabup Tabanan. Sedangkan Eka Nurcahyadi adalah politis muda yang sudah mampu tunjukkan prestasi. "Jadi setuju saja duet Sanjaya-Eka Nurcahyadi. Tapi, siapa pun nanti yang diperintahkan partai, pengurus kecamatan akan tunduk," jelas caleg terpilih DPRD Tabanan 2019-2024 dari PDIP Dapil Semeladeg Raya-Pupuan ini.

Hal serupa juga disampaikan Ketua PAC PDIP Pupuan, I Gusti Nyoman Omardani. "Pada dasarnya, tiyang tidak melihat paket A atau paket B. Tapi, kami akan hormat atas keputusan induk partai," papar Omardani sembari menyebut, Sanjaya sangat layak diusung sebagai Cabup Tabanan dari segi pengalaman dan jabatan di partai. *des

loading...

Komentar