nusabali

TPA Temesi Terbakar Tengah Malam

  • www.nusabali.com-tpa-temesi-terbakar-tengah-malam

TPA Temesi di Desa Temesi, Kecamatan Gianyar, Gianyar, kembali terbakar, Minggu (9/6) tengah malam.

GIANYAR, NusaBali

Belum jelas dari mana sumber api pembakar sampah  selama tiga jam di lokasi sekitar 50 are itu.  Sampai Senin (10/6), asap hasil pemadaman masih berhembus di sekitar lokasi. Bahkan menyebar hingga wilayah timur TPA Temesi. Luasnya areal yang terbakar membuat petugas pemadam kebakaran (Damkar) Gianyar kelabakan. Informasi di lokasi, kebakaran ini pertama kali diketahui pada Minggu malam sekitar pukul 23.55 Wita. Kala itu api sudah membakar sejumlah gunungan sampah di TPA. Tidak butuh waktu lama api yang tersapu angin dengan cepat menyeret ke gunungan sampah di seputaran lokasi.

Petugas Damkar Gianyar berupaya keras memadamkan api di gunungan sampah itu. Bahkan mobil Damkar harus berulang kali bolak balik mengambil air. Kasatpol PP dan Damkar Gianyar I Made Watha menerangkan proses pemadaman kebakaran di TPA Temesi. Dia mengaku mengerahkan tiga unit mobil Damkar dengan 20 personel. Watha mengakui proses pemadaman ini berlangsung cukup alot sampai tiga jam lebih. Karena luas areal yang terbakar mencapai kisaran 50 are. Api hanya membakar gunungan sampah yang terdiri dari berbagai bahan mudah terbakar.

Kapolsek Gianyar Kompol Ketut Suastika mengaku sudah mendatangi TPA Temesi dari Minggu malam hingga Senin dini hari kemarin. Jajarannya yang melakukan olah TKP belum bisa memastikan penyebab terbakarnya gunungan sampah tersebut. “ Saya hanya mendatangi TKP, belum sampai penyelidikan, “ katanya.

Menurut Kompol Suastika, karena di lokasi tersebut merupakan tumpukan sampah, diduga ada gas yang memicu kobaran api di lokasi tersebut. “Yang namanya sampah kemungkinan ada gas yang memicu, apalagi sampai Senin pagi tadi masih ada kepulan asap dari tumpukan sampah, tetapi belum berani kami pastikan itu penyebabnya, selain itu juga belum ada yang keberatan," katanya.

Kapolsek juga memastikan tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, sebab lokasi TPA Temesi cukup terisolir dari pemukiman sekitar. "Tidak ada korban jiwa meski ada petugas disana," katanya. *nvi

loading...

Komentar