nusabali

Libur Lebaran, Wisatawan Berkunjung ke Kawasan Pura Uluwatu 8.600 Per Hari

  • www.nusabali.com-libur-lebaran-wisatawan-berkunjung-ke-kawasan-pura-uluwatu-8600-per-hari

Libur Lebaran 2019 banyak dimanfaatkan oleh wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berlibur di sejumlah objek wisata di Pulau Dewata.

MANGUPURA, NusaBali

Salah satunya, kawasan Pura Uluwatu, Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Hal ini tercatat dari tingginya angka kunjungan wisatawan dari tahun sebelumnya yakni rata-rata sebanyak 8.600 per harinya. Bahkan, kenaikan ini terbesar selama 5 tahun terakhir yang mencapai 25 persen.

Manager pengelola objek wisata kawasan luar Pura Uluwatu, I Wayan Wijana menerangkan, dalam catatan yang dimiliki pihaknya, bahwa kunjungan wisatawan pada moment libur Lebaran 2019 ini cendrung mengalami peningkatan. Peningkatan ini bisa dibandingkan dari pencatatan dari 1 Januari hingga Mei yang melayani 4.500 hingga 5.000 wisatawan per harinya. Namun, saat memasuki bulan Juni, kunjungan wisatawan terus mengalami peningkatan yaitu sebanyak 8.600 per harinya. "Peningkatan kunjungan wisatawan ini terhitung sejak 1 Juni hingga 9 Juni yang mencatat sekitar 77.585 pengunjung. Itu kisaran angka kunjungan per harinya mencapai 8.600 pengunjung. Kenaikan itu dari semua wisatawan, baik yang domestik maupun manca negara," terangnya, Senin (10/6) siang.

Lebih jauh dirincikannya, puncak peningkatan kunjungan wisatawan di Pura Uluwatu terhitung pada tanggal 3 hingga 6 Juni. Dimana, wisatawan yang mengunjungi lokasi itu mencapai 9.000 hingga 10.000 per harinya. Menurut dia, bahwa kenaikan kunjungan wisatawan ini disebabkan berbagai faktor terutama saat ini sudah memasuki high season yang berbarengan dengan libur Lebaran ini. "Memang terhitung per 1 Juni ini hingga Januari 2020 mendatang sudah dikategorikan high season. Sehingga wisatawan berdatangan untuk mengunjungi lokasi Pura Uluwatu. Tapi, kenaikan kunjungan ini lebih dari yang sebelumnya, ya, faktornya karena berbarengan dengan libur Lebaran. Untuk saat ini, kenaikan kunjungan itu mencapai 25 persen," rincinya

Selain peningkatan kunjungan wisatawan di Pura Uluwatu, kenaikan juga tercatat di Pantai Labuan Sait. Sebagai pengelola kawasan itu, Wijana mengaku wisatawan yang berkunjung ke Pantai Labuan Sait per tanggal 1 Juni hingga 9 Juni tercatat sebanyak 13.256 pengunjung. Sementara untuk catatan perharinya mencapai 1.473 pengunjung. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan di dua lokasi yang berada dalam naungan pengelola kawasan luar Pura Uluwatu, melakukan berbagai upaya demi meningkatkan pelayanan terhadap wisatawan. "Peningkatan kunjungan ini sebagai angin segar bagi kita. Tentunya, kita terus berbenah kedepannya, baik itu di Pura Uluwatu sendiri, maupun di Pantai Labuan Sait," imbuhnya.

Meski terjadi peningkatan kunjungan wisatawan, Wijana juga l berharap, kejadian luar biasa yang terjadi di Jakarta serta teror tentu bisa memicu turunnya angka kunjungan wisatawan, untuk itu kedepannya terus mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan tersebut. Disisi lain, faktor alam seperti erupsi Gunung Agung juga akan mempengaruhi kunjungan. "Memang ada beberapa catatan dalam mengantisipasi kejadian luar biasa ini. Nah, kita berharap agar hal itu tidak panjang yang tentunya pasti berdampak pada kunjungan. Kalau aman, kita memprediksi peningkatan kunjungan itu akan terus berlangsung kedepannya,"tutupnya. *dar

loading...

Komentar