nusabali

Ratusan Ribu Wisatawan Masuk Bali

  • www.nusabali.com-ratusan-ribu-wisatawan-masuk-bali

Indikasi peningkatan terlihat dari hunian hotel, ada yang melesat hingga 99 persen, dan rata-rata 80 persen dari kisaran ‘normal’ 60 persen.

DENPASAR, NusaBali

Ratusan ribu wisatawan, terutama dari pasar domestic, membanjiri Bali, sepekan memulai liburan Lebarani. Hanya saja kalangan pelaku pariwisata, belum berani memastikan total jumlah kunjungan wisatawan ke Bali selama libur Lebaran. Alasannya, mereka  belum mengantongi data yang pasti.

“Kalau data pastinya terus terang saja, kami belum ada,” ujar Direktur Eksekutif BPD PHRI Bali Ida Bagus Purwa Sidemen. Dihubungi Senin (10/6), Gus Purwa-sapaan pengurus PHRI Bali asal Klungkung ini mengatakan, pihaknya baru mengumpulkan data secara acak dari beberapa hotel.

Di antaranya dari Nusa Dua, Kuta dan Ubud. Dari data acak tersebut, kata Gus Purwa, rata-rata tingkat hunian 80 persen lebih. “Malah ada yang sampai 99 persen. Saya saja punya tamu (wisatawan) nyaris tak dapat kamar,” ungkap pelaku pariwisata ini.

Dari data yang diperoleh secara acak tersebut, kata Gus Purwa, peningkatan okupansi sejak 2 Juni lalu sampai dengan 4 hari setelah Lebaran berkisar 10-15 persen. Berapa total persis jumlahnya, Gus Purwa mengaku tak memiliki data. Alasannya pihaknya, hanya mendapatkan informasi prosentase peningkatan dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya.

Meski demikian, dia memperkirakan dalam sepekan terakhir tidak kurang 600 ribu wisatawan, baik domestik dan manca negara  yang datang ke Bali. “Mungkin sampai 600 –an ribu,” ujarnya. Dari perkiraan tersebut, separonya lebih diyakini wisatawan domestik. *k17

loading...

Komentar