nusabali

Bantu Lansia, Dinsos Anggarkan Rp 2,54 M

  • www.nusabali.com-bantu-lansia-dinsos-anggarkan-rp-254-m

Setelah anggaran cair, dana ditransfer ke rekening masing-masing penerima.

AMLAPURA, NusaBali

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karangasem sediakan bantuan Rp 2,54 miliar untuk 879 lansia dan penyandang disabilitas. Rinciannya 500 lansia, 111 penyandang disabilitas, dan 268 ASDB (asistensi sosial penyandang disabilitas). Mereka yang termasuk ASDB yakni yang menderita cacat tetap, telantar, dan yatim piatu dari keluarga kurang mampu.

Kadis Sosial Karangasem, Ni Ketut Puspa Kumari mengungkapkan bantuan untuk lansia sebesar Rp 3 juta per orang total Rp 1,5 miliar per tahun. Penyandang ASDB Rp 2,4 juta per tahun total Rp 643,5 juta, sedangkan 111 penyandang disabilitas Rp 400 juta. Penerima bantuan berdasarkan hasil survei dan rekomendasi kelian banjar diketahui perbekel dan camat. “Bantuan yang diberikan tidak seberapa, tetapi lumayan bisa membantu meringankan beban sosial masyarakat. Mudah-mudahan tahun depan bantuan bisa kami tingkatkan,” ungkap Puspa Kumari, Minggu (9/6).

Penyerahan bantuan direncanakan bertepatan pada Hari Lansia, 29 Mei lalu. Namun karena masih proses amprah dan dana belum cair, penyerahannya diundur. Setelah anggaran cair, dana ditransfer ke rekening masing-masing penerima. Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri meminta segera menjadwalkan penyerahan bantuan tunai kepada lansia dan penyandang disabilitas. Terpisah, Perbekel Desa Sukadana, I Gede Suardana, juga merayakan Hari Lansia dan membagikan sumbangan sembako. Perbekel Gede Suardana menyerahkan 29 paket sembako di 10 banjar dinas. *k16

loading...

Komentar